Motor Kawasaki Z125 Pro Kena Recall, Bagaimana Nasib Unit di Indonesia?

Amerika – Kuda besi jagoan kembali terkena recall. Kini National Highway Traffic and Safety Administration (NHTSA) menemukan cacat pada sepeda berdimensi kecil dari , yakni Z125 Pro dan Z125 Pro KRT Edition. Kedua mini bike ini disebut-sebut mengalami kesalahan setting ECU (engine control unit).

Kawasaki Z125 Pro – bikereview.com.au

Berdasarkan temuan NHTSA, ECU pada Z125 Pro memiliki pengaturan yang tidak tepat untuk penyaluran ke sistem injeksi dan memungkinkan mesin mengalami mati mendadak. Pihak Kawasaki menjelaskan bahwa permasalahan pada Z125 Pro ini terjadi ketika sedang menurunkan atau akan berhenti, diikuti dengan hilangnya respons dari throttle.

Untung saja motor yang juga populer dengan nama KSR ini hanya mengalami recall untuk ini saja dan tak berpengaruh dengan lainnya. Unit yang terkena recall adalah edisi 2017 dan 2018. Akan tetapi menurut analisis Kawasaki, kondisi demikian terjadi ketika posisi start-stop di RPM rendah, sehingga kemungkinan terjadinya masalah ini pada putaran tinggi atau ketika motor digunakan di jalanan tampaknya akan cukup minim.

Meski demikian, pihak Kawasaki pun bertanggungjawab dengan menyediakan servis gratis untuk 9.914 unit Kawasaki Z125 Pro yang terkenal recall. Penggantian unit ECU baru nantinya tidak dikenai biaya alias gratis.

Sebagai informasi, Z125 Pro juga termasuk unit motor naked mini yang dijual di . PT Kawasaki Motor (KMI) selaku agen pemegang Kawasaki di membanderol motor ini dengan mulai Rp 32 jutaan. Lalu bagaimana dengan nasib Kawasaki Z125 Pro di ? Apakah juga terkena recall?

Menurut PT KMI, pihaknya mengaku belum memperoleh masukan atau komplain apapun dari para penggunanya. “Pemakai belum ada komplain sih. Belum dapat info soal ini juga,” kata Head of Marketing PT Kawasaki Motor Indonesia Michael Tjandra Tanadi, seperti dilansir Otosia.

Di Indonesia, tipe yang dijual adalah Z125 Pro bertransmisi manual. Motor ini mengusung mesin injeksi 125 cc silinder tunggal dengan sebesar 9,4 Ps pada putaran mesin 7.500 rpm. Kemudian di sektor kaki-kaki, Z125 menggunakan garpu depan inverted 30 mm, pelek 12 inci dengan ban ukuran 100/90-12 49J (depan) dan 120/70-12 51L (belakang).

   
Penulis: