Motor Listrik Asal China ‘Faraday’ Mejeng di GIIAS 2017

Serpong tampaknya dalam beberapa waktu ke depan akan terus diramaikan oleh -. Menyusul Viar Q1 dan Gesits, kini muncul lagi sepeda listrik asal China bernama Faraday Electric Vehicle. Tak tanggung-tanggung, PT Faraday Indonesia (FMI) langsung memamerkan 2 listrik andalannya di ajang bergengsi Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

Motor listrik Faraday – otorider.com

Kedua motor listrik yang dihadirkan olth PT FMI adalah jenis matik (skutik), yakni Seahawk yang mengusung gaya sporty dan Robin yang bergaya retro. Motor listrik Faraday Seahawk disebut-sebut lincah dan garang karena dipersenjatai dengan motor listrik 3.000 watt, baterai 72 V 20 Ah. Faraday Seahawk dapat melaju hingga 55 km per jam dengan jarak tempuh maksimal 80 km.

Sedangkan motor Faraday Robin mengusung daya yang lebih kecil, sesuai dengan karakternya yang mungil namun tetap lincah. Faraday Robin didukung oleh motor listrik 800 watt, baterai 48 V 20 Ah yang mampu melaju dengan kecepatan maksimal mencapai 55 km per jam dengan jarak tempuh 80 km.

Menariknya, kedua motor besutan Faraday tersebut, yakni Seahawk dan Robin telah dirakit secara lokal alias CKD oleh PT FMI di Surabaya, Jawa Timur. “Saat ini, motor listrik Faraday sudah dirakit lokal di Surabaya. Jadi dari China diimpor secara unit CKD kemudian dirakit,” kata M. Arif Syaifuddin, Sales & Marketing Manager PT FMI di ICE BSD City, Serpong, Jumat (18/8) lalu seperti dilansir Dapurpacu.

“Untuk saat ini, kita memang masih belum ada surat-surat (STNK), mudah-mudahan tahun ini bisa keluar izinnya dari Departemen Perhubungan. Secara produk kita sudah siap kalau harus ada BPKB dan STNK, karena ini kita lengkapi dengan nomor rangka dan nomor ,” sambung Arif. Lebih lanjut Arif mengungkapkan bahwa ketersediaan unit motor Faraday tersebut siap didistribusikan untuk konsumen-konsumen yang berada di kawasan Jabodetabek, Jawa Barat, dan Surabaya.

“Sebenarnya distribusi kita lebih ke instansi dan korporasi, jadi hotel-hotel, , kantor apa. Memang dengan Rp 15 juta (Faraday Seahawk) dan Rp 12 juta (Faraday Robin) kalau belum ada STNK, kita harus cash only, karena tidak bisa dialihkan kepada pihak ketiga atau leasing,” ucapnya. Selain itu, FMI juga memberi garansi 1 tahun atau 10 ribu km untuk motor Faraday.

   
Penulis: