Jawa Berencana Bikin Motor Listrik Keren Bergaya Klasik

Jakarta sepeda asal Ceko, Motorcycle atau Janecek dan Wanderer kabarnya kini sedang mengembangkan bertenaga . Menariknya, elektrik yang bergaya klasik itu santer disebutkan bakal dirilis pada tahun 2022 mendatang.

Motor Listrik Jawa Bergaya Klasik – autotekno.sindonews.com

Kabar ini beredar usai induk perusahaan Jawa, Classic Legends diketahui ingin membuat motor listrik sejak tahun 2019 lalu. Motor listrik tersebut rencananya akan dikembangkan secara in-house. Proyek pembuatan motor listrik Jawa bakal dilaksanakan secara mandiri walaupun Mahindra dan Mahindra Group adalah pemegang saham mayoritas perusahaan.

Tetapi, karena Mahindra mempunyai latar belakang pengalaman dalam hal kendaraan listrik dan juga teknologi, tentunya pengembangan motor listrik Jawa akan melibatkan mereka. Belum lama ini pun beredar render buatan ahli desainer , Sreejith Krishnan dan ditampilkan di situs Electric Vehicle Web. Walaupun Jawa belum memberi pengumuman resmi tentang atau bentuk motor listrik yang dimaksud, bisa saja bentuknya memang mirip gambar render yang beredar.

“Secara desain, motor listrik Jawa akan tetap memiliki tampilan klasik yang cukup otentik. Hal ini terlihat dari gambar rendering yang diunggah di halaman Facebook EV ElectricVehicleWeb,” demikian seperti dilansir Visordown melalui Sindonews.

Tampilan retro masih jelas terlihat dari tarikan garis bodi yang membuat. Kemudian bagian panel instrumen dibiarkan menyatu dengan lampu utama yang mempertegas kesan klasik. Pada rendering tersebut, motor listrik Jawa menggunakan lampu depan bulat, pelek jari-jari, dan kedua sepatbor yang masih memakai material besi. Namun, pencahayaannya sudah diberi sentuhan modern berupa lampu LED.

Untuk performa, motor listrik ini melepas basis bensin 2 silinder berkapasitas 239 cc bertenaga 27 bhp yang digantikan dengan baterai berukuran besar di bagian bawah tangki. Yang membuat motor ini makin unik karena lubang pengisian daya ada di bagian tangki motor yang berbentuk teardrop. Tetapi sayang, belum ada info lebih jelas terkait baterai dan tenaga yang dihasilkan.

Classic Legends sendiri berencana membuat motor listrik Jawa se-lokal mungkin. Tetapi, seperti halnya motor listrik pada umumnya, beberapa suku cadang dan komponen tak bisa berasal dari dalam negeri. Misalnya, sel baterai dan mungkin sistem manajemen baterai yang perlu diimpor. Namun demikian, untuk sasis mungkin sama seperti motor model konvensional yang ada.

Baca juga:   Ketahuan Lagi Diuji Coba, Yamaha Byson Versi Facelift Rilis Januari 2019?
   
Penulis: