Honda Kenalkan Skuter Maxi Bermesin Besar, Forza 750

Jakarta – Selain di Indonesia, rupanya skuter maxi atau bertubuh bongsor cukup populer di zona Eropa. Oleh sebab itu, pabrikan asal Jepang, merilis skuter matic teranyar, Honda Forza dengan besar berkapasitas 750 cc. Honda Forza 750 tersebut bakal dipasarkan di Eropa tahun 2021 depan, menyusul dipasarkannya Forza 125 dan Forza 350.

Honda Forza 750 – www.rideapart.com

terbaru Honda disebut memiliki beragam canggih dan keunggulan layaknya gede (moge),” demikian seperti dilansir dari Rushlane melalui Liputan6.

Untuk urusan dapur pacu, skutik Honda Forza 750 sudah memperoleh upgrade untuk memenuhi standar emisi terbaru Euro 5. Honda Forza 750 mengusung mesin SOHC paralel twin 745 cc yang diklaim dapat memuntahkan tenaga hingga 58 Tk pada 6.750 rpm dan torsi puncak 69 Nm pada 4.750 rpm, yang disalurkan melalui Dual Clutch Transmission (DCT).

Gearbox DCT enam kecepatan yang dipasang pada Honda Forza 750 ini diklaim mampu memberikan perpindahan gigi secara dan memudahkan pengendara mengatur kendali terkait rasio roda dengan menjentikkan sakelar pada sisi kiri setang. Selain itu, ride by wire juga dapat membuat perpindahan jadi lebih mulus.

Honda Forza 750 sendiri sebenarnya menggunakan basis yang sama dengan X-ADV. Selain memperoleh swingarm aluminium dengan Pro-link pada suspensi belakang, skutik ini juga memakai garpu terbalik atau fork upside down berukuran 41 mm. Honda Forza 750 disematkan komponen lain yang sama dengan X-ADV seperti rangka tubular, swingarm alumunium, serta pelek 17 inci di depan dan 15 inci di belakang.

Tak ketinggalan, Honda menyisipkan cakram depan 310 mm ganda dengan kaliper empat piston Nissin yang dipasang secara radial. Motor ini pun memperoleh pengereman ABS dual channel. Honda Forza 750 dilengkapi throttle elektronik dengan tiga mode berkendara, yakni Standar, dan Rain. Ada pula mode keempat yang bisa dikonfigurasi sendiri oleh pengendara. Sayangnya masih belum diketahui apakah motor ini juga bakal dipasarkan di Indonesia atau tidak.

Baca juga:   Benelli TRK502 Terima Upgrade, Rilis Maret 2020
   
Penulis: