Motor Pertama Di Dunia

 1320 views

adalah salah satu transportasi yang menjadi favorit masyarakat di ini, terutama di negara-negara berkembang.

Kemudahan dan sisi kepraktisan yang ditawarkan oleh sepeda memang sangat nyata. Dengan mengendarai sepeda , potensi terjebak kemacetan terutama untuk anda yang hidup di kota-kota besar dengan volume kendaraan yang padat akan dapat diminimalisir.

Sepeda motor dengan ukurannya yang ramping apabila dibandingkan dengan mobil membuat pengendara bisa dengan leluasa mengambil sela di tengah jalanan yang padat. Atau, jika kemacetan benar-benar tak terhindarkan, berkendara dengan sepeda motor akan lebih memungkinkan kita untuk mencari jalan-jalan kecil atau jalan tikus agar lebih cepat sampai di tujuan.

Sebagai pengendara sepeda motor, sudah sepatutnya kita mengetahui tentang sepeda motor.

Tahukah anda kapan tepatnya motor pertama di dunia hadir di tengah kita?

Motor pertama di dunia ternyata muncul pada tahun 1885 di sebuah negara di belahan bumi Eropa, yakni Jerman. Penemu motor pertama di dunia adalah Gottlieb Daimler yang adalah seorang ahli berkebangsaan Jerman.

Akan tetapi, sebenarnya sepeda dengan mesin motor sudah dirancang sebelumnya oleh seorang Perancis bernama Ernest Michaux pada tahun 1868. Rancangan ini menggunakan tenaga penggerak berupa mesin uap. Sayangnya proyek ini gagal.

Kemudian seseorang bernama Edward Butler mencoba menyempurnakan dengan membuat kendaraan lain. Dia membuat kendaraan tiga roda yang digerakkan motor dari jenis mesin pembakaran dalam.

Setelah beberapa kali dirancang dan gagal atau tidak persis sesuai dengan yang diharapkan, Gottlieb Daimler berhasil melakukannya di tahun 1885.

Pada mulanya, Daimler menciptakan sepeda motor dari hasil pengembangan mesin 4 tak yang diciptakan oleh bosnya, Nicolas Otto. Dari kembangan konsep sebelumnya, Gottlieb kemudian menciptakan mesin baru dengan bahan bakar bensin. Pria lulusan Polikteknik Stuttgart itu juga menciptakan karburator.

Hingga pada akhirnya, dengan dibantu asistennya, Wilhelm Maybach berhasil memasang mesin dan karburator pada sepeda, Gottlieb kemudian berhasil merampungkan temuannya berupa sepeda bermesin dan berbahan bakar yang disebut sebagai motor pertama di dunia.

Pada 10 November 1885, anak laki-laki dari Gottlieb Daimler menguji coba sepeda motor tersebut. Dari Kota Cannstatt menuju Untertukhem, Jerman, Paul putra Daimler berhasil melakukan dengan sepeda motor temuan Ayahnya dengan jarak tempuh 8 mil atau sekitar 12,8 km.

Percobaan ini berhasil, meskipun terjadi kendala seperti mesin yang panas yang membuat perjalanan Paul menjadi kurang nyaman.

Dari berhasilnya percobaan pertama, Daimler kemudian terus melakukan penelitian dan percobaan untuk menemukan pendinginan mesin yang sempurna agar sepeda motornya dapat bekerja secara maksimal hingga pada perjalanan jarak jauh.

Setelah Daimler tiada, asistennya Maybach terus mengembangkan temuan Daimler ini agar menjadi sebuah temuan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Temuan Gottlieb Daimler berupa sepeda motor pertama di dunia ternyata juga menjadi sebuah titik berangkat penemuan yang lebih besar lagi, yakni menjadi mobil Mercedez yang merupakan hasil dari dan kembangan-kembangan yang dilakukan oleh Maybach.

   
Penulis: