Motor Petualang BMW R 1200 GS Kini Dilengkapi Fitur Connectivity, Seperti Apa Kecanggihannya?

 408 views

Jakarta – BMW Motorrad atau Maxindo Moto selaku distributor resmi BMW di Tanah Air belum lama ini merilis teranyar pada deretan motornya, yaitu BMW Motorrad Connectivity.

Fitur tersebut kabarnya mirip seperti mobil-mobil berteknologi canggih. Pasalnya, BMW Motorrad Connectivity dapat memberikan sejumlah informasi untuk sang pengendara dan penumpang berupa navigasi berbasis smartphone, komunikasi, hingga medi hiburan. Fitur dalam BMW Motorrad Connectivity juga termasuk penggunaan layar TFT 6,5 inci yang menggantikan layar ala kalkulator dalam sebelumnya.

BMW R 1200 GS – izx.technology

Fitur tersebut pada dasarnya bekerja layaknya BMW ConnectedDrive pada mobil-mobil BMW teranyar. Seluruh aktivitas maupun rekam jejak dan pantauan jelajah kendaraan bisa dipantau secara mudah lewat fitur tersebut. Multi-controller yang intuitif tersebut dipasang di bagian handle-bar kiri yang ditambahkan dengan alat pendengaran yang terhubung via bluetooth.

CEO BMW Motorrad Indonesia Joe Frans menjelaskan bahwa BMW Motorrad Connectivity dirancang dengan tampilan berupa dashboard motor roda 2 dan layar Thin Film Transistor (TFT) yang mempunyai lebar 6,5 inci serta kaya akan fungsi. “Layar TFT 6,5 inci memiliki kualitas tinggi, tampilan mudah di lihat walau di bawah matahari terik. Ditambah tingkat kecerahan yang masih dapat diatur lagi,” beber Joe di Cilandak, Jakarta, Senin (5/6), seperti dilansir Liputan 6.

Tampilan layar TFT tersebut ada 2 pilihan dan bisa diubah dengan cara menekan tombol menu dan mengoperasikan controller di handle grip kiri. Pertama terdapat tampilan umum yang meliputi speedometer, takometer, odometer, posisi gigi, suhu lingkungan, tire pressure monitoring, penunjuk waktu, sampai mode berkendara.

Kemudian ada pula pilihan tampilan yang menawarkan informasi layaknya navigasi, informasi motor secara keseluruhan, sampai pengaturan layaknya mengaktifkan auto daytime running light (DRL), brightness, dan lainnya. Tak cukup sampai di situ, fitur ini menyuguhkan informasi sistem navigasi, telepon, dan medi hiburan pemutar musik yang bisa diaktifkan dengan menghubungkan smartphone melalui aplikasi BMW Motorrad Connected App maupun bluetooth.

Fitur tersebut disematkan pada motor BMW R 1200 GS dan untuk sementara tak bisa diaplikasikan pada model motor BMW lainnya karena merupakan kesatuan unit. “Sebenarnya unit ini sudah satu kesatuan, yang dibawa ke Indonesia ini fitur salah satunya Connectivity. Karena terkait multi controller, koneksi smartphone sama bluetooth itu semua terhubung, tidak hanya layar TFT-nya saja,” jelas Joe.

Nantinya, fitur Connectivity ini akan diseragamkan untuk seluruh model sepeda motor BMW. Namun saat ini fitur Connectivity baru tersedia pada motor F 750 GS, F 850 GS, R 1200 GS, R 1200 GS Adventure, dan skuter matic terbarunya C 400 X.

   
Penulis: