Motor Roda Tiga Listrik Tomara Resmi Dijual, Ini Harganya!

 141 views

-.info – Pilihan motor untuk kebutuhan niaga di pasar Indonesia kini semakin beragam. Pasalnya, PT Tomara Jaya Perkasa resmi menjual sepeda motor rakitan mereka sendiri untuk pasar domestik. Selain menggunakan komponen lokal yang diklaim mencapai 70 persen, motor ini ternyata juga telah dibekali dengan tenaga listrik.

Kendaraan niaga Tomara dengan tenaga listrik – www.liputan6.com

“Kalau motor listrik sudah ada beberapa, seperti di Batam. Tetapi, yang merakit seperti kami bisa dicek, sepertinya baru kami yang pertama,” jelas Direktur Utama PT Tomara Jaya Perkasa, Charles, dilansir Berita Satu. “Kami merakit motor listrik roda tiga ini dengan komponen lokal sekitar 70 persen, sedangkan sisanya masih , seperti kelistrikan, controller, dan motor dinamo.”

Meski demikian, Charles menambahkan, perusahaan optimistis bahwa ke depannya mereka bisa menggunakan 100 persen komponen lokal. Pasalnya, kendaraan ini memang didedikasikan untuk menyasar petani di Indonesia. “Supplier lokal kami memproduksi rangka, box, hingga roda. Saat ini, kami baru perakitan, harapan ke depan bisa menjadi industri manufaktur,” sambung Charles.

Untuk tahap awal, PT Tomara Jaya Perkasa menurut rencana akan memproduksi 300 unit motor roda tiga listrik ini yang ditujukan untuk keperluan niaga. Beberapa kota yang mereka sasar adalah Gorontalo, Solo, Surabaya, hingga Bali. Motor roda tiga listrik ini sendiri memang secara khusus digunakan area pedesaan atau perkebunan, meski bisa juga dioperasikan di perkotaan untuk keperluan niaga seperti usaha gas atau galon air.

Dilansir dari Liputan6, motor roda tiga listrik ini menggunakan motor berdaya 1.200 Watt dengan baterai lead acid 60 Volt 52 Ah, yang diklaim mampu mengangkut beban hingga 800 kg dan mencapai kecepatan maksimal 40 km per jam. Sementara, jika tanpa beban, motor ini dikatakan sanggup melibas jarak hingga 120 km.

Berstatus off-road, PT Tomara Jaya Perkasa menyediakan motor roda tiga listrik dalam beberapa . Bima 1000 Tipe E dijual dengan Rp26,5 juta, Bima 1000 Tipe G ditawarkan Rp29,5 juta, Semar dipasarkan Rp32 jutaan, sedangkan Bima 1200 dilepas dengan harga mulai Rp32 juta sampai Rp35 jutaan.

   
Penulis: