Yamaha Lagi Siapkan TMAX 560 Roda Tiga dengan Suspensi Baru

 38 views

Jakarta asal , Yamaha tampaknya ketagihan bermain di segmen matic roda tiga. Setelah menghadirkan beroda tiga seperti Tricity dan Niken, Yamaha juga diisukan sedang mempersiapkan TMAX 560 yang berkonfigurasi roda tiga.

Konsep Yamaha TMAX Roda Tiga – kabaroto.com

“Kehadiran terbaru itu dikuatkan setelah Yamaha mengajukan hak paten sistem suspensi depan bernama Leaning Multi-Wheel (LMW) untuk motor roda tiga,” demikian seperti dilansir dari Motorcycle melalui JPNN.

Skutik TMAX 560 santer dikabarkan bahak menggunakan sistem suspensi depan terbaru yang lebih canggih dan ringkas, tak lagi memakai Leaning Multi-Wheel (LMW) yang tampak rumit seperti pada model Tricity dan Niken.

Apabila diperhatikan dari tampilannya, sistem suspensi depan akan menggantikan tugas dari suspensi garpu teleskopik yang disematkan pada Yamaha sebelumnya. Suspensi itu mulanya dirancang oleh perusahaan Brudeli, yang fokus memasarkan roda tigas berbasis KTM 654L dan 625L. Motor unik itu kemudian dipasarkan dengan Leanster.

Kemudian, pada perjalanannya suspensi tersebut terus disempurnakan oleh Brudeli, terutama berkaitan dengan aspek kinerja. Pada tahun 2017 Yamaha memutuskan untuk membeli hak paten atas suspensi tersebut. Suspensi tersebut memang terbilang unik karena memiliki cara kerja yang terhubung ke peredam kejut yang dipasang di bagian tengah. Sistem tersebut dapat menggerakkan beban kendaraan lebih jauh ke bawah, sehingga memungkinkan pusat gravitasi yang lebih rendah serta meningkatkan stabilitasnya.

Keuntungan lainnya dari sistem suspensi canggih itu adalah saat terjadi guncangan pada motor, maka dapat merespons dengan segera untuk mengembalikan posisi motor supaya tetap tegak. Sedangkan suspensi depan model LMW pada Niken dan Tricity dinilai terlalu berat dan memengaruhi pengendalian, terutama saat diajak bermanuver miring untuk melewati tikungan.

Skutik Yamaha TMAX 560 kabarnya mengusung dua silinder, DOHC, dengan 561 cc. Mesin yang digunakan oleh Yamaha TMAX 560 tersebut diklaim mampu menyemburkan tenaga sebesar 47 dk pada 7.500 rpm dan torsi 56 Nm pada putaran mesin 5.250 rpm. Jika benar diproduksi, maka TMAX 560 3 roda bakal bersaing dengan Peugeot Metropolis dan Piaggio MP3.

   
Penulis: