Motor Sport Legendaris Suzuki Katana Siap Meluncur di Intermot 2018!

Jakarta rupanya akan kembali membangkitkan salah satu motor legendarisnya, Katana. Motor sport tourer Katana ini akan dihadirkan kembali lewat ajang bergengsi INTERMOT 2018 pada tanggal 2 Oktober 2018 mendatang.

Dari video teaser yang dirilis belum lama ini, Suzuki Katana digambarkan sebagai sebuah pedang tradisional (Katana) yang ditempa tangan secara dan mengusung tagline ‘feel the edge’. Namun sayang tak ada informasi lebih detail dari teaser berdurasi 20 detik tersebut kecuali pantulan wujud Suzuki Katana generasi terbaru di pedang tersebut.

Suzuki Katana – (Youtube: Reaper Tran Anh Thien – Motocycles vlog)

“Suzuki Katana roda dua telah sejak lama menghilang dari . Ia terakhir beredar satu dekade yang lalu. Nama ini pertama kali muncul pada akhir tahun 70-an, dengan sentuhan desain Jerman, sebelum akhirnya menjadi sebutannya berganti menjadi GSX-R 600 dan 1000,” demikian seperti dilansir RideApart.

Suzuki sendiri sempat mengenalkan logo Katana baru di Amerika Serikat dan Eropa beberapa tahun lalu demi mempertegas momen kebangkitannya. Setelah sempat menghilang 10 tahun yang lalu, Katana akan hadir kembali dengan desain yang mirip seperti generasi sebelumnya dan diperkirakan memakai basis dari GSX-R1000.

Menurut informasi dari pameran yang digelar pribadi oleh Motocilismo.it di EICMA tahun lalu di Milan, Suzuki Katana yang anyar mengusung motor penjelajah yang andal dan bergaya modern. tersebut didasarkan pada Suzuki GSX-R1000 dan mengusung sejumlah elemen dasar bergaya Katana asli.

Desain motor Suzuki Katana mulanya dirancang oleh Target Design Jerman tahun 1979-1980 yang sempat dinilai tidak mengusung desain layaknya motor Jepang pada umumnya. Kemudian Suzuki baru memproduksi Katana seri GSX1100 yang mengusung mesin berkapasitas 1.100 cc tahun 1981. Seri motor Katana sendiri ada banyak, antara lain GSX1100SE, Suzuki GSX1100SZ, dan Suzuki GSX1100SXZ. Bahkan ada pula Katana yang mengusung mesin dengan kubikasi lebih kecil, di bawah 1.000 cc, yakni GSX750S3.

Sementara itu, desain Katana Baru kelak kabarnya dirancang oleh desainer legendaris, Hans Muth yang merupakan mantan kepala desainer BMW. Gaya Katana teranyar kelak santer dikabarkan mengikuti tren sepeda retro modern seperti Kawasaki Z900RS, BMW R NineT, dan Husqvarna Vitpilen.

   
Penulis: