Jadi Seri M Perdana, Seperti Ini Kehebatan Motor Anyar BMW M 1000 RR

Berlin – BMW Motorrad resmi mengenal terbaru dari seri M yang merupakan dengan kasta tertinggi dari deretan kendaraan BMW Global, yaitu BMW M 1000 RR. keren ini adalah M perdana yang diluncurkan BMW M Performance, bagian dari perusahaan otomotif asal tersebut yang menggunakan basis S 1000 RR keluaran 2020.

BMW M 1000 RR – www.motorauthority.com

Adapun pengembangan BMW M 1000 RR melanjutkan kesuksesan M Series yang sudah dimulai dari akhir tahun 2018 lalu. “Mahakarya terbaik para insinyur BMW ini menonjolkan sektor performa yang menjadi fokus utamanya, dengan tenaga serta torsi lebih besar dibandingkan S 1000 RR,” demikian kata BMW Motorrad, seperti dilansir Antara.

BMW M 1000 RR digadang-gadang sebagai motor yang mempunyai tenaga lebih besar, bobot lebih ringan, dan yang lebih baru. BMW Motorrad pun mengklaim sudah menyisipkan mumpuni ketika digunakan pada track balapan.

Superbike ini ditunjang dengan material karbon pada beberapa komponen, lengkap dengan sayap (winglet) di bagian depan untuk mempertegas aksen . BMW M 1000 RR menggunakan berbasis versi RR, yaitu 4 silinder segaris dengan pendingin cairan, dikombinasikan dengan BMW ShiftCam. Bobot kotor motor ini hanya 192 kg.

Konfigurasi mesin itu memvariasikan waktu buka dan tutup katup yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa secara komprehensif ke arah mesin balap. Dengan demikian, keluaran tenaga yang dihasilkan diklaim mencapai 212 hp pada 14.500 rpm dengan torsi puncak pada 113 Nm di putaran mesin 11.000 rpm, dengan kecepatan maksimal hingga 15.100 rpm.

Mesin yang diusung oleh BMW M 1000 RR ini mempunyai optimasi teknis yang ekstensif seperti piston baru 2 ring anyar dari Mahle, ruang bakar yang disesuaikan, kompresi ditingkatkan jadi 13,5, dan connecting rods dari bahan titanium yang lebih panjang dan ringan.

Adapun Race Pro pada BMW M 1000 RR memungkinkan para pengendara untuk mengubah respons throttle, pengereman mesin, dan penyaluran tenaga, serta menampilkan mode berkendara hujan, jalan raya, dinamis, balapan, sampai mode balapan pro level 1-3. Motor gahar ini kabarnya bakal dijual mulai harga £30.935 atau sekitar Rp588 juta.

Baca juga:   Mejeng di Jakarta Fair, Harga TVS Classic & TVS Ntorq Cuma Rp15 Jutaan
   
Penulis: