Motor Torindo yang Mengaspal di Indonesia (Smart ST, Smart SR, dan Varian Bebek)

Torindo, mungkin Anda masih asing dengan merek yang satu ini. PT Torindo Motorcycle merupakan perusahaan asli yang didirikan pada tahun 2004. Perusahaan ini adalah produsen lokal yang memasarkan berbagai sepeda asal China. Menurut catatan, setidaknya sudah ada 7 cabang Torindo yang tersebar di Banten, Lampung, Jambi, Padang, Pekanbaru, Sumatera Selatan, NTB. Sementara, main dealer berada di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Hingga detik ini, sudah ada beberapa motor keluaran Torindo yang dirilis di pasar otomotif roda dua Tanah Air. Berikut beberapa motor di antaranya.

Smart ST

Motor ini diketahui pertama kali mejeng di Indonesia pada tahun 2009 lalu. Smart ST merupakan motor jenis trail yang bisa menjadi pilihan alternatif para pencinta adventure Tanah Air. Meski hasil garapan lokal, namun motor ini tidak kalah gagah dibandingkan kompetitor asal Jepang sekalipun.

Menurut pihak Torindo Motorcycle, kecuali yang didatangkan dari China, semua komponen Smart ST diproduksi secara lokal di pabrik yang berada di Tangerang. Motor ini memiliki dimensi panjang 2.245 mm, lebar 830 mm, dan tinggi 1.190 mm dengan jarak ke tanah mencapai 300 mm. Pabrikan mengklaim bahwa motor ini tangguh untuk melibas areal perkebunan yang berbukit.

Baca juga:   Spesifikasi dan Harga motor Viar V100

Di bagian dapur pacu, mesin mengambil basis dari Honda GL Pro, berkapasitas 150cc, 4-stroke sehingga mampu meletupkan daya maksimal 5,89 kW pada putaran 8.500 rpm dan torsi puncak 8 Nm pada putaran 6.500 rpm. Hadir dalam empat pilihan warna (merah,kuning, biru, dan loreng), motor yang sangat laris di Lampung itu awalnya dibanderol dengan mulai Rp13,5 juta.

Smart ST - news.okezone.com

Smart ST - news.okezone.com

 

Baca juga:   Bee Happy Malcor Super Racer 110, Motor Trail Mini Berharga Miring

Smart SR

Ini juga merupakan motor yang dikhususkan bagi para kaum lelaki yang ingin berpenampilan gagah. Namun, jika Smart ST 150 merupakan kuda besi untuk melibas medan off-road, maka Smart SR ini adalah motor keren yang ditujukan untuk melintasi jalanan perkotaan yang padat.

Smart SR memang tampil dengan desain khas motor sport yang macho dan elegan. Ini tampak pada model dual headlamp, visor berukuran rendah, lampu belakang, jok model terpisah, setang jepit, hingga speedometer yang menerapkan digital. Sementara, suspensi depan sudah menerapkan model Upside Down dan suspensi belakang mengusung monoshock.

Di bagian dapur pacu, pabrikan membekali Smart SR dengan mesin 4-stroke, silinder tunggal, berkapasitas 150cc, karburator. Dengan modal tersebut, motor ini mampu menyemburkan daya maksimal 5,89 kW pada putaran 8.500 rpm dan torsi puncak 8 Nm pada putaran 6.500 rpm. Hadir dalam satu pilihan warna, yaitu merah, Smart SR ditawarkan dengan harga Rp16.100.000 ketika pertama kali dirilis.

Selain dua motor laki tersebut,Torindo juga tercatat pernah merilis beberapa varian motor bebek, yaitu Smart X7, Smart XZ, dan Smart XM. Motor-motor bebek dengan mesin 100cc tersebut ditawarkan dengan harga mulai Rp7 jutaan hingga Rp8jutaan. Sementara, kendaraan model ATV dengan mesin 50cc dibanderol mulai Rp10 jutaan.

Smart SR - archive.kaskus.co.id

Smart SR - archive.kaskus.co.id

 

Baca juga:   Jonway MBL-A, Skuter Elektrik Mungil Buatan Tiongkok
author

Comments are closed.