Motor Yamaha R25 & MT-25 di Indonesia Kena Recall, Komponen Apa yang Bermasalah?

Jakarta – PT Manufacturing (YIMM) melakukan kampanye penarikan kembali alias recall 2 sepeda sport-nya, yaitu R25 tahun 2014-2017 dan MT-25 produksi 2014-2016. Recall ini dilakukan karena adanya cacat produksi. Para pemilik R25 dan MT-25 yang terkena recall bisa melakukan perbaikan di seluruh jaringan bengkel resmi Yamaha di Indonesia mulai tanggal 28 November 2018 secara gratis.

Yamaha MT-25 – id.wikipedia.org

Berdasarkan informasi dari PT YIMM, ada 2 komponen yang harus diganti, yaitu selang radiator yang dapat mempengaruhi pendinginan yang dibutuhkan oleh dan spring torsion, komponen bagian dalam yang juga harus diganti. “Syaratnya hanya nomor rangka dan tahun produksi. Batasan waktu recall enggak ada. Nanti dapat oli Yamaha Super Sport dua botol,” kata salah satu sumber yang enggan disebutkan namanya, Rabu (21/11), seperti dilansir Viva.

Sayangnya sang sumber kurang mengetahui berapa jumlah unit motor Yamaha R25 dan MT-25 yang harus ditarik kembali. Pasalnya rentang waktunya cukup lama dan unit yang telah berpindah tangan ke pun sangat banyak. Ia hanya mengatakan bahwa yang mengikuti program penarikan massal ini cukup datang ke bengkel resmi sambil membawa dokumen yang dibutuhkan.

Dokumen yang dibutuhkan mencakup buku servis dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) guna memastikan bahwa milik konsumen ini memang termasuk dalam daftar unit motor yang terkenal recall alias penarikan kembali. Bagi pemilik motor R25 dan MT-25 yang sudah dimodifikasi pun tak perlu khawatir, sebab mereka juga bisa mendapatkan layanan perbaikan gratis dari Yamaha. “Kalau yang sudah dimodifikasi motornya juga bisa, datang saja ke bengkel,” ungkap sang sumber.

Karena kampanye perbaikan massal itu baru akan dilakukan tanggal 28 November 2018 mendatang, pihak PT YIMM saat ini sedang mempersiapkan pemberitahuan terhadap semua konsumen Yamaha MT-25 dan R25 secara serentak di seluruh Indonesia. Seluruh penggantian komponen yang terindikasi bermasalah, tidak akan dipungut biaya dan dilakukan secara gratis oleh bengkel resmi Yamaha di seluruh jaringan nasional.

   
Penulis: