Penerus Inazuma, Suzuki DR300 Meluncur di China dengan Konsep Naked Bike Streetfighter

Jakarta – Usai gambar-gambar spyshoot-nya banyak beredar di internet, pun memperkenalkan sepeda terbarunya yang merupakan hasil kerja sama dengan perusahaan China, Haojue. keren penerus Inazuma tersebut mengusung nama Suzuki DR300.

Suzuki DR300 – detik.com

Lain dari GSR250F (Inazuma) yang nuansanya lebih ke motor touring, Suzuki DR300 hadir sebagai . Tampilannya pun sepintas mirip seperti () jenis naked lainnya dari Suzuki seperti GSR750 atau GSX-S1000. Cikal bakal dari Suzuki GSX-S250 ini dirilis dalam ajang Congqing Mobo Fair.

Haojue sendiri adalah pabrikan asal China yang memproduksi banyak motor global Suzuki. Salah satu unit motor tersebut juga pernah dipasarkan di Indonesia, yakni Haojue Suzuki G 250 atau yang lebih dikenal dengan nama Suzuki Inazuma. Di samping itu, mereka juga memproduksi Suzuki GSX-R250 dan Suzuki DL250 atau V-Strom 250.

“Dari segi , Haojue DR300 bisa dibilang lebih unggul dari 2 rivalnya, Yamaha MT-3 dan Kawasaki Z300. Pasalnya, motor yang digadang-gadang sebagai cikal bakal Suzuki GSX-S250 itu dibekali dengan suspensi depan upside-down dan ban keluaran Pirelli,” demikian seperti dilansir Newmotor.com.cn.

Dari segi tampilan, di bagian fascia Suzuki DR300 menampilkan wajah yang kalem seperti motor sport touring, kontras dengan desain bodywork yang serba bernuansa tajam alias agresif. Misalnya pada bagian shroud yang meruncing, tangki besar, jok split seat, sampai bagian sepatbor belakang gantung.

Tak hanya itu, Suzuki DR300 juga dilengkapi dengan sejumlah fitur layaknya headlamp dengan LED Daytime Running Light (DRL) dan speedometer full digital. Lalu untuk bagian kaki-kaki juga tampak kekar lantaran sudah menggunakan suspensi depan upside down dan lengan ayun model banana.

Yang lebih menarik lagi, bobot dari Suzuki DR300 ternyata cukup ringan, hanya 177 kg, lebih ringan dari Inazuma yang beratnya mencapai 193 kg. Di sektor keamanan juga sudah ada teknologi pengereman Anti-Lock Braking System (ABS). Untuk urusan dapur pacu, Suzuki DR300 mengedepankan mesin 299 cc SOHC, 2 silinder, dengan transmisi manual 6 percepatan. Sayangnya masih belum ada informasi mengenai jual dari Suzuki DR300.

   
Penulis: