Peringati Sejarah Balap, Vespa Rilis Skuter Sei Giorni Bernuansa Hijau Army

 113 views

Pontedera – Produsen ternama asal Italia, baru saja merilis sepeda edisi spesial ‘Sei Giorni’ atau yang dalam Bahasa Inggris bermakna ‘Six Days’. Skuter keren ini sengaja dibuat untuk memperingati Vespa ketika ikut berlaga dalam ajang balapan International Six Days of Varese tahun 1951 silam dan berhasil menyabet 9 medali emas sekaligus.

Vespa Sei Giorni Army – otomotif.metrotvnews.com

Dilansir Autoevolution, Jumat (14/70, Vespa edisi khusus tersebut dibuat menggunakan basis Vespa GTS, tetapi mengusung gaya sama seperti saat Vespa ikut ajang balap bergengsi tersebut. Meski menggunakan basis Vespa GTS, skuter edisi khusus ini diganti dengan sport dengan penyematan handlebars spesial seperti original winning scooter.

Vespa Sei Giorni mengusung posisi lampu utama yang terletak di bagian fender depan. Kemudian bagian instrumen panel terinspirasi dari kesan elegan circular instrumentation yang menggunakan sistem analog warna hitam putih. Selain itu Vespa Sei Giorni juga menggunakan jok single berbahan kulit yang seolah-olah dibuat hanya untuk satu pengendara saja.

Di samping itu, seperti knalpot, serta panel detail yang lain sengaja dirancang mirip seperti motor balap Vespa tahun 1950. Warna motor Vespa Sei Giorni pun cukup menarik karena mengusung warna hijau gelap khas army dikombinasikan dengan livery balap bernomor start 6. Desainnya terlihat semakin keren dan serasi dengan perpaduan warna pelek, knalpot, dan detail kecil lain yang serba hitam.

Walaupun mengusung klasik, motor Vespa Sei Giorni tetap menyisipkan bernuansa modern seperti Port USB, sistem pengereman anti-lock braking system (ABS), lampu LED, dan GPS. Yang lebih menarik, Vespa special edition ini telah memakai mesin berkapasitas 300 cc yang memenuhi standar emisi Euro 4 dengan pendingin cairan 4 stroke.

Mesin yang digendong Vespa Sei Giorni ini disebut-sebut dapat menghasilkan 21 tenaga kuda dan torsi mencapai 22 Nm pada rpm 5.000. Selain itu, Vespa Sei Giorni dibekali sistem electric starter, CVT, dan tangki bensin berkapasitas 8,5 liter. Namun sayang, pihak Vespa masih belum mengungkapkan berapa harga jual Vespa Sei Giorni.

   
Penulis: