Peugeot Vox 110, Motor Bebek Standard Ala Perancis

 3548 views

Selain dikenal sebagai salah satu penghasil mobil-mobil berkelas, juga tercatat pernah merilis beberapa varian motor untuk pasar global. Dan, salah satu model motor yang pernah diluncurkan pabrikan asal Perancis itu adalah Vox 110.

peugeot vox 110 – www.moto-choice.com

 

Motor bertipe bebek (moped) ini pertama kali dirilis pada tahun 2014 lalu. Peugeot Vox 110 menawarkan sebuah moda transportasi yang kuat, praktis, serta ekonomis. Meski begitu, secara tampilan, motor bebek ini hadir dengan desain agak jadul dan justru sangat mirip motor buatan pabrikan asal China (mocin).

Tampilan lawas motor bebek ini bisa dilihat dari model batok headlamp yang besar dan pipih. Sementara, tebeng sayang dengan lampu sein berwarna oranye terlihat sangat sederhana. Adapun di bagian samping, desain bodi terlihat polos tanpa lekuk. Demikian juga dengan aplikasi shock breaker belakang ganda dan besi behel, yang masih kalah keren jika dibandingkan motor Jupiter Z1 milik atau Satria FU milik Suzuki misalnya.

Namun, Peugeot Vox 110 memang dihadirkan dengan desain yang cocok untuk pasar Eropa. Selain itu, sisi fungsionalitas motor ini lebih dikedepankan agar sesuai dengan regulasi di Benua Biru.

Selain desain yang standar, mesin yang diusung Peugeot Vox 110 juga mirip dengan motor bebek yang saat ini banyak beredar di jalanan . Pabrikan membekali motor ini dengan mesin 4-stroke, single cylinder, berpendingin udara, berkapasitas 110cc. Dengan modal tersebut, motor ini diklaim bisa menghasilkan tenaga maksimal 7,5 BHP pada putaran 8.500 rpm dan kecepatan mencapai 60 mph.

Meski terkesan standar, pabrikan telah membekali motor ini dengan beberapa praktis, seperti pelindung rantai, pelindung kaki, hingga rak bagasi belakang. Sementara, bobot Peugeot Vox 110 juga tergolong ringan, hanya 96 kg.

Saat ini, Peugeot Vox 110 hadir dalam tiga pilihan warna, yaitu merah, hitam, dan abu-abu. Satu unit motor ini dibanderol dengan mulai 1.299 pound atau setara Rp23 jutaan. Berikut teknis Peugeot Vox 110.

Tipe Mesin 4-stroke, single cylinder, air-cooled
Isi Silinder 110cc
Daya Maksimal 7,5 BHP @ 8.500 rpm
Kecepatan Maksimal 60 mph
Bahan Bakar Karburator
Berat Kosong 96 kg
Tinggi Jok 780 mm
Rem Depan Disc brake (Cakram)
Rem Belakang Drum brake (Tromol)
Transmisi Otomatis
Starter Electric
   
Penulis: