Piaggio Liberty ABS, Skuter Matik Premium Tangguh dan Aman

 1281 views

Persaingan skuter matik Tanah Air semakin sengit usai Piaggio merilis terbaru mereka, Piaggio Liberty ABS, pada Mei 2016 lalu. Selain fitur sistem ABS (Anti-lock Brake System) pada sektor pengereman, PT Piaggio Indonesia juga menyematkan i-get (Italian Green Experience) pada skuter ini untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang.

piaggio liberty abs – www.motorcycle.com

 

Secara tampilan, skuter premium ini masih mempertahankan desain sederhana namun tetap memberikan kesan kokoh dan elegan. Ini tampak pada lekukan tegas di bagian bodi samping hingga buritan. Selain itu, headlamp yang menerapkan teknologi LED juga memberikan kesan stylish pada Liberty ABS.

Guna menunjang kenyamanan berkendara, Piaggio juga membekali Liberty ABS dengan ruang kompartemen luas yang dikendalikan secara elektronik. Sementara, kombinasi digital dan analog dengan tampilan LCD pada panel speedometer, diyakini mampu memberikan daya tawar yang cukup menarik bagi para calon konsumen.

Seperti dijelaskan sebelumnya, Piaggio juga menyematkan sistem ABS pada sektor pengereman cakram di roda depan. Penambahan fitur ini merupakan langkah pabrikan asal itu untuk lebih meningkatkan keselamatan pengendara dan membawa kesan Liberty sebagai skuter yang tangguh serta aman dikendarai.

Beralih ke sektor jantung pacu, Piaggio membekali Liberty ABS dengan mesin berteknologi i-get, 4-stroke, silinder tunggal, SOHC, berkapasitas 155cc. Dengan modal tersebut, skuter matik ini diklaim mampu menyemburkan tenaga 9,6 kW pada putaran 7.750 rpm dan torsi puncak menembus 13 Nm pada putaran 6.500 rpm yang disalurkan melalui sistem transmisi CVT .

Di Indonesia, Piaggio Liberty ABS hadir dalam dua , yaitu classic dan , dengan pilihan biru, hijau, hingga putih. Satu unit skuter matik premium ini dibanderol dengan mulai Rp35.700.000. Berikut spesifikasi teknis Piaggio Liberty ABS.

Panjang x Lebar 1.945 x 690 mm
Jarak Sumbu Roda 1.340 mm
Tinggi Jok 787 mm
Suspensi Depan Teleskopik Hidrolik
Suspensi Belakang Peredam Kejut dengan Setting Kekerasan
Rem Depan Cakram Tunggal 240 mm ABS
Rem Belakang Tromol 140 mm
Ukuran Ban Depan Tubeless 90/80-16
Ukuran Ban Belakang Tubeless 100/80-14
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 4,5 liter + 1,5 liter cadangan
Mesin i-get, 4-stroke, SOHC, silinder tunggal
Kapasitas Silinder 155cc
Diameter x Langkah 58 x 58,6 mm
Sistem Pendinginan Udara Tekan
Karburator Electronics FI
Daya Maksimum 9,6 kW @ 7.750 rpm
Torsi Maksimum 13 Nm @ 6.500 rpm
Transmisi CVT
   
Penulis: