Piaggio Recall Ribuan Skuter Medley ABS, Apa Masalahnya?

Hanoi – Brand asal Italia, dikabarkan melakukan penarikan kembali (recall) ribuan unit skuter matic (skutik) model Medley 125/150 ABS di Vietnam. Padahal tersebut tergolong baru dan telah diekspor ke sejumlah negara termasuk Indonesia.

Piaggio Medley ABS – naikmotor.com

“hal ini merupakan kebijakan Piaggio Global untuk meningkatkan kualitas dan kepuasan . Setidaknya ada 3.335 unit Medley yang harus diperiksa kembali,” demikian bunyi pernyataan Piaggio Vietnam seperti dilansir Metrotvnews.

Recall ini dilakukan karena ada permasalahan pada sasis frame yang dinilai tidak memenuhi standar, sehingga dapat mengganggu rigiditas motor secara keseluruhan. Permasalahan pada kerangka utama tersebut bisa menimbulkan rusak parah saat membawa barang bawaan berat dan berpotensi membahayakan keselamatan para pengendaranya.

Kampanye recall ini diperuntukkan bagi Piaggio Medley ABS 125 cc dan 150 cc produksi Februari hingga Agustus 2016. Sasis yang bermasalah ini diketahui ketika pemeriksaan periodik dilakukan oleh pihak quality control Piaggio.

Pihak Piaggio Vietnam memberikan pemeriksaan secara gratis dan bersedia untuk melakukan upgrade pada sasis Piaggio Medley yang bermasalah. Di samping itu, Piaggio juga akan memperpanjang masa garansi 1 tahun atau 10.000 kilometer (km) untuk konsumen yang motornya terkena recall.

Skuter andalan Piaggio ini mengusung mesin 150 cc dengan pendingin cairan dan injeksi elektronik. Di Indonesia, Piggio Medley termasuk skutik tinggi karena roda depan menggunakan ukuran 16 inci dan roda belakang 14 inci. Piggio Medley diklaim menggabungkan keuntungan skutik lincah dan ringan, dengan performa khas skutik roda tinggi.

Piaggio Medley dilengkapi berbagai canggih seperti Stop and Go yang diklaim dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar, lampu depan DRL (Day Running Lights), mesin generasi terbaru i-get (Italian Green Experience Technology), dan bagasi luas berkapasitas 36,2 liter yang bisa menyimpan 2 buah helm sekaligus.

Ketika pertama kali rilis di Indonesia varian Piaggio Medley 150 ABS dibanderol dengan Rp 44,2 juta. Namun masih belum diketahui apakah kampanye recall ini juga berlaku di Indonesia atau tidak. Untuk mengetahui kondisi pasti dari sasis Medley, tak ada salahnya untuk mengeceknya langsung ke bengkel resmi Piaggio.

   
Penulis: