R NineT, Persembahan Spesial Ulang Tahun BMW ke-90

 1427 views

Pada tahun 2013 lalu, Motorroad genap memasuki usia 90 tahun dalam kiprahnya di dunia global. Untuk memperingati momen spesial tersebut, perusahaan asal ini menggelar sebuah acara di BMW Museum di Munich dan puncaknya menghadirkan sebuah sepeda yang menjadi persembahan spesial mereka, yaitu R NineT.

BMW R nineT – www.drive.com.au

 

Secara tampilan, motor ini dibangun dengan desain unik yang memadukan karakter old-school dengan komponen-komponen modern. R NineT tampil telanjang (naked) dengan memperlihatkan otot-ototnya yang kekar. Bodi motor ini dibentuk di atas rangka tubular yang terdiri dari empat bagian, satu di depan dan sisanya di belakang. Sementara, bagian boncenger bisa dilepas jika biker ingin berkendara sendirian.

Kesan old-school motor ini kentara dengan kehadiran tangki bensin membulat yang dikombinasikan dengan jok single seater dan buritan minimalis khas cafe racer. Tidak hanya itu, aplikasi pelek jari-jari dengan warna hitam membuat kesan tua pada R NineT semakin kental terasa. Meski demikian, setang R NineT mengaplikasikan lebar seperti motor kebanyakan. Alhasil, motor ini akan semakin nyaman ketika diajak menempuh perjalanan jarak jauh.

Secara keseluruhan, motor ini berbentuk seperti kecebong, besar di haluan lalu mengecil di bagian buritan. flat-twin boxer 2 silinder menyembul keluar di samping kiri dan kanan di rangka depan sebagai penanda identitas BMW. Sementara, di belakang, stop lamp yang mengusung teknologi LED membuat tampilan mengerucut.

BMW Motorroad sendiri menyebut produk spesial mereka itu mudah untuk dimodifikasi. Karena itu, pabrikan asal Jerman juga telah menawarkan berbagai aksesoris tambahan seperti indikator LED, jok, hingga knalpot titanium Akrapovic. Sementara, untuk lebih mendekatkan motor dengan pengendara secara emosional, BMW sengaja tidak membekali R NineT dengan fitur traction control atau pengaturan mode berkendara.

Berpindah ke bagian jantung pacu, R NineT menggendong mesin tipe 4-stroke, flat-twin engine, 4 valve per cylinder, air-cooled, double overhead camshaft, berkapasitas 1.170cc. Dengan modal tersebut, motor ini mampu menyemburkan tenaga maksimal 81 kW atau 110 HP pada putaran 7.550 rpm dan torsi puncak menembus angka 119 Nm pada putaran 6.000 rpm.

Saat ini, BMW Motorroad menghadirkan R NineT dalam satu pilihan, yaitu Standard yang telah didukung sistem pengereman ABS (Anti-lock Brake System). Satu unit ini ditawarkan dengan harga mulai USD 15.095. Berikut spesifikasi teknis BMW R NineT.

Dimensi 2.220 mm x 890 mm x 1.265 mm
Tinggi Jok 785 mm
Berat 222 kg
Bahan Bakar 18 L
Rangka Tubular steel
Suspensi Depan Upside-down telescopic
Suspensi Belakang Single-sided swing arm
Jarak Sumbu Roda 1.476 mm
Ban Depan 120/70-ZR17
Ban Belakang 180/500-ZR17
Rem Depan Dual floating disc, 4-piston
Rem Belakang Single disc brake, dual-piston
Tipe Mesin 4-stroke, flat-twin engine, 4 valve per cylinder, air-cooled, double overhead camshaft
Kapasitas Mesin 1.170cc
Diameter x Langkah 101 x 73 mm
Daya Maksimum 110 HP @ 7.550 rpm
Torsi Maksimum 119 Nm @ 6.000 rpm
Sistem Bahan Bakar Fuel injection
Transmisi 6-speed
   
Penulis: