Rekomendasi Motor Listrik untuk Sepeda

 2897 views

listrik menjadi alternatif yang ramah lingkungan untuk berpergian. ini berjalan bukan dengan bahan bakar fosil yang dapat menimbulkan emisi, melainkan dengan listrik. Agar bisa bergerak, membutuhkan yang dapat merubah energi listrik menjadi energi gerak, yaitu .

Motor listrik yang umum digunakan di dunia industri adalah motor listrik asinkron yang memiliki dua global yakni IEC dan NEMA. Untuk motor IEC memiliki basis metrik (milimeter), sedangkan motor listrik NEMA berbasis imperial (inch). Satuan dayanya ada yang dalam horsepower (hp) maupun kiloWatt (kW).

Motor listrik IEC dibagi menjadi beberapa sesuai dengan efisiensi yang dimilikinya, yaitu EFF1, EFF2, dan EFF3. EFF1 adalah motor listrik yang paling efisien dan paling sedikit memboroskan tenaga, sedangkan EFF3 sudah tidak boleh digunakan karena boros bahan bakar dan secara otomatis akan menimbulkan buangan karbon yang banyak.

Prinsip kerja motor listrik adalah mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Proses yang terjadi adalah, listrik yang berasal dari sumber listrik akan dirubah menjadi energi magnet, kemudian energi magnet ini akan menimbulkan gaya tarik-menarik antar komponen dalam motor. Gaya tarik menarik inilah yang kemudian menggerakkan motor. Motor akan terus bergerak selama energi listrik terus berjalan dalam sistem.

Motor listrik pada sepeda motor dijalankan menggunakan baterai. listrik pada baterai sangat mempengaruhi larinya sepeda. Jika baterai masih baru dicharge dan listriknya masih penuh, tentu sepeda akan melaju lebih cepat dibanding ketika listrik di dalam baterai hanya tinggal separuh. Semakin besar daya kapasitas listrik suatu baterai, maka sepeda motor bisa berjalan semakin jauh. Berikut perbandingan beberapa jenis baterai yang digunakan untuk sepeda motor listrik.

  C-LiFePO4 LiCoO2 LiMn2O4 Li(NiCo)O2
Keamanan dan ramah lingkungan Sangat baik, paling baik diantara semua baterai yang dibandingkan Tidak stabil, sangat berbahaya Dapat diterima Tidak stabil, sangat berbahaya
Siklus hidup Sangat baik, paling baik diantara semua baterai yang dibandingkan Dapat diterima Tidak dapat diterima Dapat diterima
Daya Dapat diterima Baik Dapat diterima Paling baik
jangka panjang Sangat baik, yang paling hemat Mahal Dapat diterima Mahal

 

   
Penulis: