Rem Bermasalah, Harley-Davidson Recall 251.000 Motor CVO Touring & VSRC

New York mengumumkan akan melakukan penarikan massal alias recall terhadap 251.000 unit besutannya di seluruh dunia lantaran mengalami permasalahan pada . Unit yang dinyatakan bermasalah adalah CVO dan VSRC tahun pembuatan antara 2008 dan 2011 yang dilengkapi anti lock. Fitur tersebut kabarnya berpotensi tak bekerja ketika pengereman karena terdapat korosi pada komponennya.

Harley Davidson CVO Touring – veh-markets.com

Pabrikan legendaris asal Milwaukee, Wisconsin ini mengungkapkan jika kampanye recall kali ini menghabiskan biaya 29,4 juta dolar AS untuk 175.000 unit sepeda motor yang terjual di Amerika Serikat. HD diminta menghubungi para pemilik motor tersebut mulai 12 Februari dan diminta mengganti minyak rem secara gratis.

Pada tahun 2016, Badan Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA) telah menyelidiki Harley-Davidson terkait rem yang rusak atau tidak pakem. Setidaknya terdapat 43 laporan dari para pengendara Harley-Davidson. NHTSA pun menyelidiki 430.000 unit motor Harley-Davidson antara tahun 2008-2011 yang dilengkapi sistem ABS.

Permasalahan rem kabarnya terjadi lantaran cairan rem tak diganti oleh sang pemilik setiap 2 tahun sekali seperti yang telah direkomendasikan. Hal ini mengakibatkan katup di unit kontrol rem antilock menempel sehingga jalur rem terdesak cairan dan menyebabkan roda depan terkunci dan berpotensi membahayakan pengemudi motor.

“Pengendara melaporkan sistem pengereman secara tak berfungsi tanpa adanya indikator pemberitahuan,” kata NHTSA, seperti dilansir Reuters. Harley pun mengabarkan jika pihaknya akan bekerjasama dengan NHTSA agar dapat menangani permasalahan ini. “Kami sadar akan hal itu dan bekerja sama dengan NHTSA dalam investigasi,” kata pihak Harley-Davidson.

Menurut data National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) sejak Juli 2016 terdapat 43 keluhan, 3 kecelakaan, dan 2 pengendara Harley-Davidson mengalami luka-luka karena masalah pengereman tersebut. Investigasi terhadap motor Harley-Davidson juga kabarnya mencatat rekor untuk tahun ini berdasarkan survei Wall Journal.

   
Penulis: