SACHS Hada, Motor Antik Asal Jerman Dibanderol Puluhan Juta Rupiah

 4481 views

Saat ini, SACHS Fahrzeug-und Motorentechnik lebih dikenal sebagai perusahaan yang melakukan co-branding and joint venture manufacturing dengan PT Minerva Indonesia. Karena itu, tak heran jika ada logo SACHS German di blok motor buatan Minerva karena pabrikan asli Indonesia tersebut sudah membeli lisensi untuk memajang tulisan tersebut. Kerjasama ini kemudian lebih dikenal dengan nama Minerva SACHS.

SACHS Hada – s1096.photobucket.com

 

Tercatat, ada beberapa motor yang telah ditelurkan hasil kerjasama Minerva dan SACHS. yang cukup populer adalah Minerva Naked 250, sebuah motor telanjang berkapasitas 250cc dan dijual mulai Rp28.450.000. Kemudian, ada juga varian Minerva RX 150 yang dirilis pada tahun 2014 lalu dan  dijual dengan Rp22.300.000.

Namun, sebelum melakukan kemitraan dengan Minerva, SACHS tercatat juga pernah merilis beberapa varian ke Tanah Air. Salah satu model yang pernah diluncurkan perusahaan asal Jerman tersebut adalah Hada.

Hada merupakan moped atau motor bebek yang dirilis SACHS di tahun 1980-an. Sebagai motor bebek, model ini mengusung desain yang sangat unik dengan bentuk sekilas mirip sepeda kayuh. Desain bodi masih tampak kaku dengan tangki bahan bakar berada di bagian di antara pijakan kaki dan stang dengan model miring. Model stang tampak seperti sepeda mini atau BMX. Sementara, lampu depan hadir dengan desain kotak agak bulat berukuran kecil.

Di bagian tangki bahan bakar, terpajang tulisan “HADA SACHS” dengan font cukup besar. Sementara, jok mengusung model single seat (menyatu) dengan lebar yang cukup sempit jika dibandingkan motor bebek masa kini. Berbeda dengan motor bebek kebanyakan, pijakan kaki atau footstep Hada dibuat menyatu dengan bodi mirip pijakan kaki yang umum ada di motor jenis matik.

Untuk sektor jantung pacu, perusahaan asal Jerman diketahui membekali motor ini dengan mesin 2-stroke, berkapasitas 50cc. Selebihnya, tak banyak informasi yang bisa ditemukan mengenai model SACHS Hada ini. Di samping itu, keberadaan motor tersebut yang mulai langka juga membuat SACHS Hada dibanderol dengan harga cukup tinggi. Saat ini, motor yang cocok untuk para kolektor barang antik itu ditawarkan mulai Rp9,5 jutaan hingga Rp20 jutaan.

   
Penulis: