Scomadi Bangun Pabrik di Thailand, Skuter Lambretta Bakal Masuk Indonesia?

 414 views

Bangkok – Produsen sepeda skuter matik (skutik) Lambretta, Scomadi Worlwide baru saja membuka pabrik di Thailand. Pabrik tersebut beroperasi atas kerjasama dengan rekan lokal bernama Scomadi Thailand.

skuter lambretta – moto.zombdrive.com

 

patungan bernama Marin Engineering tersebut bakal memproduksi skuter-skuter Lambretta di sebuah wilayah bernama Samut Prakan yang berjarak sekitar 30 km dari ibukota Bangkok. Produsen asal Inggris ini memang sengaja membangun pabrik di Thailand untuk melakukan ekspansi bisnis di wilayah Asia Tenggara.

Sebelumnya mitra Scomadi asal Tiongkok ketahuan membuat sepeda motor mirip seperti Lambretta namun mengusung nama Royalloy dan sudah berhasil diekspor ke lebih dari 20 negara, termasuk Thailand. Padahal Thailand selama ini menjadi kontributor penjualan Scomadi.

Akibatnya penjualan Scomadi merosot drastis dan hanya sanggup menjual sekitar 8.900 unit saja di seluruh dunia tahun lalu. Pihak Scomadi langsung melayangkan gugatan dan memutus hubungan kerjasama dengan pabrikan asal China tersebut.

Tak hanya membangun sebuah pabrik di Thailand yang sahamnya 80 persen dimiliki pengusaha Thailand dan sisanya dimiliki Scomadi, namun Scomadi juga membangun perusahaan baru bernama Scomadi Asia Pacific. Perusahaan Scomadi Asia Pacific tersebut bertugas untuk mendistribusikan motor Lambretta di kawasan tersebut, termasuk negara Filipina, Vietnam, , dan .

Apabila Lambretta memang benar akan merambah pasar Tanah Air, tentunya satu ini akan bersaing dengan skuter yang sudah ada, seperti Piaggio dan Peugeot. Secara , Lambretta memang mirip seperti Vespa, hanya saja bodi Lambretta sedikit lebih panjang.

Hingga kini -produk Lambretta hanya diimpor secara utuh alias CBU oleh Probike Motor Indonesia. Tipe yang telah dijual di Indonesia antara lain Lambretta LN 150 dan Lambretta LN 125.

   
Penulis: