Selamat Tinggal, AHM Akhirnya Stop Produksi Motor Bebek Honda Blade X 125

Jakarta – Sosok bebek Blade X 125 sejak beberapa waktu lalu sudah hilang dari daftar line up PT Astra Honda (AHM) di situs resminya. Hal ini tentunya menimbulkan banyak spekulasi, antara AHM bakal merilis terbarunya atau memutuskan untuk berhenti memproduksi motor tersebut.

Honda Blade 125 – oto.detik.com

Tetapi rupanya AHM ingin menjawab rasa penasaran para konsumen. Motor bebek yang telah meramaikan sejak tahun 2008 silam ini ternyata terpaksa berhenti diproduksi. Hal ini telah dikonfirmasi langsung oleh pihak AHM.

“Iya Blade itu kita melihat demandnya semakin mengecil. Jadi ya sejauh ini kami tidak melanjutkan lagi untuk yang Honda Blade. Akhir tahun lalu kami sudah mulai itu (stop untuk Blade),” kata Thomas Wijaya, selaku Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) di Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (31/1), seperti dilansir Gridoto.

Lebih lanjut Thomas menjelaskan jika langkah ini dilakukan berdasar penyesuaian perkembangan tren dan permintaan kebutuhan dari para konsumen. Pasalnya permintaan konsumen terhadap motor Blade X 125 tahun 2018 lalu juga kurang begitu menggembirakan. Terlebih karena kondisi pasar motor bebek dari tahun ke tahun yang terus meredup dan kurang mengalami perkembangan yang signifikan di Indonesia. “Memang yang Blade itu kami melihat demand-nya semakin mengecil. Di bawah 1.000-an unit lah tahun kemarin,” sambung Thomas.

Dengan demikian, saat ini hanya ada 3 motor bebek yang dipasarkan oleh Honda di Indonesia, antara lain Supra GTR, Revo, dan Supra X. “Ada Revo, Supra X dan Supra GTR. Ada tiga kalau di bebek. Di bawah seribu demandnya (tahun 2018). Tahun lalu sudah. Iya (akhir tahun, stop produksi). Memang demandnya kecil sekali,” ujar Thomas.

Sebagai informasi, Honda Blade X 125 yang beredar di Indonesia mengusung berkapasitas 125 cc dengan PGM-FI yang dapat menghasilkan akselerasi dan kecepatan, tetapi diklaim tetap hemat bahan bakar. Motor bebek ini disebut-sebut dapat mencapai kecepatan maksimum hingga 100,7 km per jam dengan akselerasi 12,6 detik pada jarak 0-200 meter.

   
Penulis: