Ketahuan Lagi Uji Coba, Bajaj Dominar Terbaru Bakal Pakai Mesin KTM Duke 250?

Jakarta kembali mengembangkan produk terbaru untuk kelas motor berkapasitas 250 cc. Seperti diketahui, Bajaj selama ini sudah meramaikan segmen 250 cc dengan menghadirkan Pulsar NS200. Tapi tampaknya produsen asal India ini masih belum puas cukup sampai di situ. Terlebih karena mempunyai 250 cc yang lebih bertenaga.

Bajaj Dominar – overdrive.in

Belum lama ini spyshot Bajaj Dominar dengan lebih kecil telah beredar di media sosial. Motor keren itu tampak sedang dalam tahap pengujian. Mulanya banyak orang menduga jika Bajaj Dominar yang diuji di jalanan India tersebut adalah Dominar 400 cc BS6. Maklum saja, karena aturan standar emisi BS6 sudah semakin dekat, sehingga banyak mobil atau sepeda ditutup kamuflase yang terlihat lalu-lalang di India akhir-akhir ini. Tetapi setelah diperhatikan lebih saksama, ternyata mesin yang diboyong lebih kecil dan juga ramping.

Di bagian swing arm pun hanya ada besi kotak bukan pisang. Diameter cakram depan juga terlihat lebih kecil dibanding Dominar 400 yang ukurannya mencapai 320 mm. “Dominar 250 baru akan ditenagai mesin 250cc, berpendingin cairan, silinder tunggal yang sama di KTM 250 Duke,” demikian seperti dilansir Autocar melalui Tempo.

Mesin tersebut kabarnya dapat memuntahkan tenaga 30 hp dan torsi 24 Nm. Masih belum diketahui apakah Bajaj masih mempertahankan mesin tersebut untuk Dominar 250. Bajaj pun disebut-sebut bisa saja menggabungkan teknologi busi tiga buah seperti pada Dominar 400.

Jadi dalam semua kemungkinan, Bajaj tampaknya sedang mengembangkan Dominar 250 dengan menarik untuk bersaing dengan Royal Enfield Classic 350 dan Mahindra Mojo. Dominar 400 sebelumnya telah diluncurkan dengan menarik tetapi telah kehilangan label VFM dengan beberapa revisi kenaikan . Dominar 400 pun diperkirakan akan semakin naik usai memenuhi standar emisi BS6 yang berlaku di India serta meninggalkan celah besar antara Pulsar flagship (RS 200) dan D400.

Bajaj juga sudah mengonfirmasi bahwa Dominar baru akan diluncurkan setelah April 2020 meski versi BS6 pasti akan datang, produsen saat ini diperkirakan bakal memasarkan Dominar 250 dengan harga banderol setidaknya Rs50 ribu atau sekitar Rp9 jutaan saja, sedangkan Dominar 400 yang kini beredar harganya Rs1,90 lakh atau sekitar Rp36 jutaan.

   
Penulis: