Motor Harley-Davidson 338cc Bakal Dirakit di Pabrik Benelli Indonesia?

Jakarta – Pabrikan legendaris asal Milwaukee, Serikat, (HD) bukan hanya berencana memproduksi sepeda berkapasitas kecil untuk pasar Amerika dan saja. berkubikasi 338 cc tersebut kabarnya juga akan dihadirkan di Indonesia dengan menggaet Benelli.

Motor Harley Davidson bermesin 338cc – www.liputan6.com

“Pemasaran motor HD 338 cc tersebut melalui networking Benelli worldwide termasuk juga di Indonesia akan melalui saya sebagai APM Benelli Motor Indonesia,” ujar Direktur PT Benelli Motor Indonesia (BMI), Steven Kentjana Putra, seperti dilansir iNews.

Lebih lanjut Steven memaparkan bahwa di China Harley-Davidson menjalin kerja sama dengan Qianjing Motorcycle yang merupakan anak perusahaan Geely yang juga induk Benelli. Di samping itu, untuk tahap awal nantinya motor kecil Harley-Davidson ini juga bakal dipasarkan di China tahun 2020 mendatang. “Kita melihat kerja sama ini di China. Bersama Geely, induk perusahaan Benelli, bisa memproduksi motor berkapasitas kecil milik Harley-Davidson,” beber Steven.

Sebagai informasi, saat ini seluruh Benelli yang dijual di Indonesia merupakan yang dirakit di fasilitas perakitan BMI di Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat. Steven juga mengakui jika ke depannya tak menutup kemungkinan bila HD 338 cc juga akan dirakit di pabrik yang sama. “Bisa banget Harley akan diproduksi di pabrik Benelli. Saya punya authorized untuk bisa rakit di sini supaya kompetitif. Apalagi mereka (distributor HD) tidak punya pabrik perakitan di sini,” ungkapnya.

Fasilitas perakitan motor Benelli di Indonesia sendiri mempunyai kapasitas hingga 5.000 unit per tahun. Mereka pun berencana untuk menambah pabrik baru di Cibinong dan Karawang dengan menggaet Kalla Group sebagai rekanan dealer. Apabila rencana tersebut dapat terealisasi, maka bukan tidak mungkin jika kapasitas Benelli pun meningkat hingga 2 kali lipat dari sebelumnya.

Benelli pun berencana mulai memasarkan produk HD bermesin kecil tersebut di Indonesia mulai tahun depan. “Next year, 2020 akan dipasarkan pertama di Cina setelah itu baru ke seluruh dunia termasuk Indonesia melalui Benelli Motor Indonesia,” tutur Steven.

Produk baru HD yang akan dijual itu adalah baru yang dibuat di China dan mesinnya memang lebih kecil dibandingkan produk-produk HD yang telah ada sebelumnya. “Harley-Davidson dan Qianjiang Motorcycle controlled by GEELY (Benelli) telah bekerjasama sama untuk memproduksi (motor) 338cc di Wenling, Cina dan akan dijual di seluruh dunia, khususnya Benelli Motor Indonesia akan menjual motor HD kapasitas 338cc dahulu untuk step awalnya,” pungkasnya.

   
Penulis: