BMW Motorrad Hadirkan Cruiser R18 Terbaru dengan Mesin Boxer yang Garang

 111 views

Jakarta – Meski saat ini pandemi virus corona tengah melanda berbagai negara, Motorrad tetap tidak ragu untuk merilis terbarunya. Produsen otomotif ternama asal Jerman ini meluncurkan produk BMW R18 secara virtual pada Sabtu (4/4). Pengenalan BMW R 18 ini dilakukan lewat laman YouTube dan Facebook resmi BMW Motorrad.

BMW R18 Cruiser – www.bikeexif.com

“Hari ini adalah hari yang sangat istimewa bagi saya dan untuk tim BMW Motorrad di dunia. Ini adalah puncak kami di tahun 2020 dengan penayangan perdana BMW R18,” kata Dr. Markus Schramm selaku Head of BMW Motorrad, Sabtu (4/4), seperti dilansir Gridoto.

Apabila menilik ke belakang, sudah hampir setahun sejak BMW Motorrad mengenalkan dari R18 tersebut. “Setelah presentasi konsep ini, kami benar-benar kewalahan oleh kesan positif yang luar biasa. ini disukai oleh begitu banyak penggemar sepeda di seluruh dunia,” imbuh Markus.

Apabila diperhatikan, sosok BMW R18 ternyata mirip seperti kakak-kakaknya. Markus sendiri menerangkan bahwa tampilan BMW R18 memang meminjam basis dari BMW R5. R5 adalah motor klasik milik BMW yang telah diproduksi sejak tahun 1936 silam.

Yang lebih menarik lagi, BMW R18 diklaim sebagai motor yang mengusung mesin Boxer terbesar yang pernah ada, sehingga mampu menawarkan pengalaman berkendara yang intens secara emosional. “Saya sendiri tidak akan pernah melupakan momen ketika saya mengendarai R18 untuk pertama kalinya,” ungkapnya.

Motor bergaya cruiser ini memang lekat dengan nuansa retro. Hal ini tampak dari warna hitamnya yang khas, lampu depan bulat, pelek jari-jari, dan tangki yang sederhana dengan garis putih. Agar kesan klasiknya makin kental, BMW pun melengkapinya dengan suspensi depan model teleskopik. Sisi lain yang tak kalah mencuri perhatian adalah bagian rangkanya yang rigid atau tanpa suspensi belakang.

R18 menggunakan penggerak gardan, bukan rantai atau sabuk. Karena bergaya cruiser, ban depan dan belakang pun dirancang dengan ukuran yang berbeda. Di sisi depan memakai ban ukuran 120/70-19 dan belakang 180/65-16.

Mesinnya masih memakai model boxer berkapasitas 1.802 cc yang diklaim mampu menyemburkan tenaga sampai 91 tk pada putaran 4.750 rpm dan torsi 158 Nm pada 3.000 rpm. BMW R18 dipasarkan dengan 22.800 euro atau sekitar Rp411 jutaan dengan edisi First Edition yang akan dijual terbatas.

   
Penulis: