Sepeda Motor Bosowa-Hyosung yang Mengaspal di Indonesia

 5243 views

Di awal era 2000-an, dunia Indonesia, khususnya roda dua, memang kebajiran -produk motor murah yang berasal dari China. Namun, selain China, pasar Tanah Air juga diserbu motor dari Korea, salah satunya Hyosung Motor.

Hyosung Motor merupakan motor asal Korea Selatan yang bekerjasama dengan PT Bosowa Nusantara Motor sebagai agen pemegang merek tunggal untuk memasarkan motor mereka di Indonesia. Sebenarnya, Hyosung merupakan salah satu pemain lama dalam motor di Asia karena telah eksis sejak tahun 1978 silam. Hyosung pertama kali memproduksi motor yang mengusung konsep karena pabrikan ini memang bekerjasama dengan perusahaan asal Jepang tersebut.

Pada tahun 2003, divisi motor Hyosung lepas dari grup dan berpisah dengan Suzuki. Kemudian, pada tahun 2007, divisi motor Hyosung dibeli konglomerat Korea Selatan, yaitu S&T Group dan berubah nama menjadi S&T Motors. Meski demikian, motor yang dipasarkan masih berdasarkan Hyosung.

Seperti diutarakan sebelumnya, di Indonesia, distribusi motor Hyosung dilakukan oleh PT Bosowa Nusantara Motor. Menurut data TPT Kementerian Perindustrian, ada beberapa motor produksi Bosowa-Hyosung yang telah dipasarkan di Indonesia, mulai motor bebek, cruiser, dual purpose, hingga . Berikut beberapa motor Bosowa-Hyosung yang pernah mengaspal di jalanan Indonesia.

Bosowa-Hyosung RX125

Motor ini beredar di Indonesia di rentang tahun 2001 hingga 2005. Bosowa-Hyosung RX125 merupakan motor trail tulen yang sebenarnya memiliki spesifikasi bagus dan kualitas lumayan. Motor ini hadir dalam dua , yaitu DOHC dan SOHC. Selain di Indonesia dan Asia, Bosowa-Hyosung RX125 juga dipasarkan ke Eropa, Amerika Utara, dan Oceania.  Sayangnya, di mata masyarakat Indonesia saat itu, image merek non-Jepang masih diragukan kualitasnya sehingga motor ini pun kurang sukses di pasaran.

Bosowa-Hyosung RX125 – wjsblog.net

 

Bosowa-Hyosung Cruise II

Ini merupakan alternatif motor gede namun dengan mengusung mesin yang tergolong kecil. Dengan menghadirkan Cruise II, Bosowa sengaja menyuguhkan pilihan lain bagi masyarakat Indonesia. Cruise II hadir dengan mesin tipe 4-stroke dan 4 valve yang kala itu tidak dimiliki sepeda motor manapun yang lebih dulu dipasarkan di Tanah Air. Ketika pertama kali dirilis, motor dengan desain jantan ini ditawarkan mulai Rp14 jutaan.

Bosowa-Hyosung Cruise II – moto.zombdrive.com

 

Selain dua tipe motor tersebut, berikut beberapa motor Bosowa-Hyosung yang pernah dipasarkan di Indonesia.

Tipe Jenis
Bosowa-Hyosung GV250 Cruiser 249cc
Bosowa-Hyosung Midas FX110 Moped 109cc
Bosowa-Hyosung SF50 Moped 50cc
Bosowa-Hyosung EZ100 Skuter 99cc
Bosowa-Hyosung GV125 Cruiser 124,7cc
Bosowa-Hyosung GF125 124cc
   
Penulis: