Bakal Diupgrade, Honda CBR250RR Disiapkan untuk Saingi Ninja ZX-25R

Tokyo – Pabrikan ternama asal Jepang, rupanya dikabarkan sedang mempersiapkan dari sepeda motor sport jagoan mereka, CBR250RR. Bahkan belakangan beredar foto penampakan bocoran yang digadang-gadang bakal jadi edisi terbaru dari CBR250RR. Motor itu kabarnya bakal mengalami peningkatan tenaga serta mengusung kombinasi anyar.

Honda CBR250RR – www.bikesrepublic.com

“Secara keseluruhan tampak tak ada yang berubah, hanya ada sedikit perbedaan dengan beberapa kombinasi baru. Terlihat pada unit peruntukan Jepang ini. Warna putih tetap dominan, berpadu dengan kelir merah pada sasis dan emas di bagian pelek,” demikian seperti dilansir dari media asal Jepang, Young Machine, melalui motovaganza.

Selain itu, kabar baiknya, motor keren itu juga ada kemungkinan diluncurkan di Indonesia pada bulan depan. Foto asli dan informasi lengkap mengenai spesifikasi motor memang masih belum dirilis oleh pihak Honda. Akan tetapi, munculnya foto motor tersebut diduga menjadi jawaban Honda terhadap .

Seperti diketahui, dalam ajang Tokyo Motor Show 2019 beberapa waktu lalu, Kawasaki mengumumkan rencana peluncuran motor ZX-25R 250cc 4-silinder. Dengan mengusung mesin baru, motor itu diklaim dapat menyemburkan tenaga hingga 45 hp, bahkan ada yang mengatakan dapat mencapai 50 hp.

Di sisi lain, Honda CBR250RR generasi terbaru kabarnya bakal mengalami peningkatan tenaga sebesar 3 daya kuda dari 38,2 hp menjadi 41,2 hp. Ada pula beberapa anyar lain yang diduga bakal disematkan di CBR250RR 2020, yakni assist & slipper clutch, quick shifter hingga sistem kunci keyless. Di dapur pacunya juga akan mengalami ubahan, misalnya pada bore x stroke: 62,0 x 41,4 mm.

Sedangkan sang kompetitor, Kawasaki Ninja ZX-25R bukan lagi mengandalkan mesin 2 silinder, tetapi mesin 4 silinder sekaligus. Jika benar demikian, maka CBR250RR diperkirakan bakal kalah. Walaupun perbedaan silinder mungkin cukup senjang, CBR250RR bisa saja unggul dari segi bobot dan akselerasi yang lincah. Apalagi berkat dukungan riding mode dan throttle by wire.

Sayangnya, di balik kecanggihan panel meter, riding mode, dan throttle by wire, CBR250RR hanya menggunakan kontak konvensional. Padahal motor ini dijual mulai harga Rp66 jutaan. Untuk terbarunya, PT Astra Honda Motor diduga bakal meluncurkannya pada 4 Februari 2020 mendatang, bertepatan dengan pengenalan tim Repsol Honda MotoGP 2020.

   
Penulis: