AHM Diam-Diam Recall 3.930 Unit Honda PCX 150 pada 2019?

Jakarta – PT Astra (AHM) sebagai agen tunggal pemegang (ATPM) di Indonesia rupanya sudah diam-diam melakukan kampanye perbaikan massal atau recall terhadap 3.930 unit matic PCX 150 pada tahun 2019 lalu. Hal ini telah dikonfirmasi langsung oleh pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Honda PCX 150 – tirto.id

Proses penarikan kembali (recall) ini seolah terkesan ditutup-tutupi lantaran selama ini AHM selalu mengelak perihal recall PCX setelah munculnya banyak keluhan dari di media sosial. Setidaknya terdapat 3.930 unit PCX 150 26-29 Juni 2019 yang masuk dalam kampanye perbaikan massal ini. Walaupun tak disebutkan secara rinci, salah satu skutik terlaris Honda di Indonesia ini menjadi sepeda motor paling banyak mengalami recall sepanjang tahun 2019.

Sebagai ATPM Honda, AHM memang diwajibkan melaporkan recall ke Kemenhub berdasarkan Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 53 Tahun 2019 Tentang Tata Cara Penarikan Kembali Kendaraan Bermotor yang berlaku mulai 12 Agustus 2019. Dalam aturan yang memuat tata cara recall kendaraan ini tidak mewajibkan pihak APM untuk mengumumkannya pada publik.

Saat dikonfirmasi mengenai kabar tersebut, Direktur Sarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan Sigit Irfansyah membenarkan. Tetapi Sigit mengatakan bahwa AHM sudah menghubungi para pemilik yang terlibat recall.

“Benar, tahun lalu Honda telah melakukan recall PCX 150. Tidak banyak seperti kasus airbag Takata, karena hanya produksi tertentu saja yang mengalaminya. AHM sudah melaporkannya kepada kami dan melakukan pemanggilan langsung kepada konsumen yang terlibat,” ujar Sigit di Jakarta, Jumat (14/2), seperti dilansir Kompas.

Sigit sendiri tak dapat menjelaskan secara rinci apa penyebab Honda melakukan recall pada PCX 150. Sampai sekarang pun kabarnya AHM masih belum memberi konfirmasi apapun mengenai isu recall diam-diam tersebut. Jika menilik ke belakang, Honda sempat memperoleh petisi dari pengguna PCX yang merasa motornya bermasalah, mulai dari mati, CVT yang dirasa “gredek” ketika RPM rendah, masalah pada sprocket cam, sampai suspensi belakang yang tampak bengkok.

“Kami lihat keluhan ini hanya tertentu saja. Jadi bagi konsumen yang ada keluhan pada PCX-nya silakan datang ke jaringan bengkel Honda untuk dilakukan pengecekan. Bukan recall,” ujar Direktur Pemasaran PT AHM Thomas Wijaya beberapa waktu lalu.

   
Penulis: