3 Motor Terbaru Jawa Bakal Bersaing dengan Royal Enfield di Eropa

 230 views

Praha Motorcycles siap untuk merilis 3 sepeda motor Jawa 300 Classic di Eropa. Brand motor yang kini dipegang oleh India Mahindra Group tersebut sempat dipamerkan di negara asalnya, Republik Ceko.

Jawa Forty Two – id.pinterest.com

“Memperluas jaringan hingga ke Eropa menjadi salah satu strategi Jawa Motorcycles bersaing dengan Royal Enfield di pasar internasional,” demikian seperti dilansir Okezone. Classic Legends setidaknya menyiapkan tiga model Jawa yang bakal meramaikan pasar otomotif di Eropa, yakni Jawa Classic, FortyTwo, dan Perak.

Dengan mengedepankan yang , sepeda motor yang kental dengan nilai historis ini disebut-sebut dapat menarik perhatian mancanegara. Sebagai informasi, untuk jantung pacu Jawa Classic dan FortyTwo menggunakan berkapasitas 293 cc, liquid-cooled silinder tunggal yang diklaim dapat memuntahkan tenaga mencapai 27 dk dan torsi 28 Nm.

Sementara itu, untuk motor Jawa Perak mengusung mesin dengan 334 cc silinder tunggal berpendingin cairan yang dapat menyemburkan tenaga hingga 30 dk dan torsi 31 Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi 6 percepatan serta menggunakan sistem short-cut twin-exhaust untuk sistem pembuangannya.

Untuk meningkatkan kenyamanan para pengendara, Jawa Perak dibekali suspensi monoshock dan fitur rem cakram di bagian belakang. Bahkan suspensi belakangnya dapat diatur tingkat kenyamanannya oleh sang pengendara. Jawa Perak dijual dengan 164.000 rupee atau sekitar Rp33 jutaan. Tetapi masih belum diketahui berapa motor itu ketika dipasarkan di Eropa kelak.

Brand Jawa Motorcycles sendiri telah turut meramaikan pasar otomotif di Negeri Hindustan sejak November 2018 lalu. Kala itu, Jawa Motorcycles menghadirkan 2 motor anyar, yaitu Jawa dan Jawa 42. Kedua itu memperoleh respons yang luar biasa dari para penggemarnya.

Adapun untuk Jawa 300 mengedepankan gaya retro yang identik dengan motor di era 1970-an. Jawa 300 memakai mesin 293 cc silinder tunggal, pendingin cairan, pengaturan DOHC, dan gearbox 6 percepatan. Dengan adanya pembaruan emisi BS6 belum lama ini, Jawa 300 jadi motor pertama India dengan teknologi lintas pelabuhan.

Baca juga:   KTM 50 SX, Motor Favorit Pembalap Anak-Anak
   
Penulis: