Resmi Rilis di India, Kapan KTM 390 Adventure Masuk Indonesia?

Jakarta petualang 390 Adventure akhirnya mengaspal di India dan kabarnya sudah dapat dipesan para konsumen mulai 20 Januari 2020. Motor gahar ini hadir dengan 2 varian , yaitu oranye dan putih. Pihak KTM memasarkan KTM 390 Adventure dengan Rp57,6 juta.

KTM 390 Adventure – tecnoticias.net

KTM menyebutkan, motor KTM 390 Adventure diciptakan untuk berkendara di medan off-road ringan dan tetap nyaman digunakan melaju di jalanan beraspal. KTM 390 Adventure mengusung dengan kapasitas 373,2 cc yang diklaim dapat memuntahkan tenaga mencapai 43 dk dan torsi sebesar 37 Nm.

Motor dengan dual purpose ini dilengkapi Metzeler Tourance ukuran 19 inci di bagian depan dan 17 inci di bagian belakang. Selain itu, ada pula KTM My Ride yang berfungsi menghubungkan dengan smartphone pengendara untuk melihat navigasi dan rute perjalanan.

Secara tampilan, KTM 390 Adventure memang mirip dengan KTM 790 Adventure, terutama di bagian lampu depan yang sengaja dirancang terpisah untuk lampu depannya dan berbentuk segitiga. Pencahayaannya sudah mengusung teknologi LED untuk pencahayaan yang lebih baik. windshield depan pun dibuat lebih tinggi dan tangki bahan bakarnya lebih besar, yaitu 14,3 liter, serta setang yang lebih lebar.

Motor dengan ground clearance 200 mm ini juga memakai frame tralis mirip varian KTM 450 Rally. Shock breaker depannya sudah berjenis upside down besutan WP Apex dengan diameter 43 mm dan travel 170 mm. Sedangkan di belakang memakai shock breaker monoshock dari merek yang sama dan menariknya, baik yang depan dan belakang sudah fully adjustable.

Sistem pengeremannya pun telah memakai kaliper Bybre satu piston dengan cakram 230 mm, didukung fitur ABS dual channel. Panel instrumen KTM 390 Adventure sudah full layar TFT full color yang dapat dihubungkan dengan smartphone melalui Bluetooth. Menariknya lagi, KTM 390 Adventure dilengkapi slipper clutch.

Menurut kabar yang beredar, KTM 390 Adventure juga bakal masuk ke Indonesia dalam waktu dekat. “Desember ini launching di India, awal tahun depan pasti setelah India akan launch di Indonesia,” ujar Kristianto Goenadi, President Director PT. Penta Jaya Laju Motor selaku APM KTM di Indonesia, seperti dilansir Motorplus-online.

Sayangnya ia masih enggan menyebutkan harganya. “Harga tunggu launching, yang pasti tidak jauh dari Duke 390,” ungkapnya. Sebagai informasi, KTM Duke 390 saat ini dibanderol seharga Rp113,5 juta. Lalu KTM 390 Adventure nantinya akan dijual dengan harga lebih mahal atau lebih murah? Kita tunggu saja ya!

   
Penulis: