Setelah Meluncur di Milan, Motor KTM 390 Adventure Juga Bakal Masuk Indonesia

Milan petualang andalan , 390 Adventure baru saja dipamerkan dalam ajang EICMA 2019 belum lama ini. Kabar baiknya, motor sangar tersebut juga bakal diboyong ke Indonesia. Pihak produsen asal Austria ini mengungkapkan bahwa 390 Adventure mengusung DNA dari 790 Adventure yang sebelumnya berhasil meraih kesuksesan di ajang reli Dakar.

KTM 390 Adventure – www.wheelmonk.com

Tampilan dari KTM 390 Adventure memang sangat mirip dengan KTM 790 Adventure, terutama di bagian lampu depannya. Sementara itu, untuk dari KTM 390 Adventure memakai basis yang mirip dengan Duke 390. Adapun KTM 390 Adventure memakai satu silinder 4 tak, DOHC, dengan 373,2 cc dan berpendingin cairan.

Sayangnya, pihak KTM masih belum mengungkapkan secara rinci berapa besaran tenaga dan torsi dari motor penjelajah tersebut. Jika basis mesinnya sama seperti Duke 390, maka kemungkinan tenaga yang dihasilkan sekitar 32 kW pada putaran torsi 37 Nm.

Motor yang memiliki ground clearance 200 mm tersebut memakai frame tralis mirip KTM 450 Rally. Lalu untuk shockbreaker depan menggunakan upside down besutan WP Apex dengan diameter 43 mm dan memiliki travel 170 mm. Sedangkan yang belakang memakai shockbreaker monoshock dari yang sama. Menariknya lagi, shockbreaker depan dan belakang dari KTM 390 Adventure sudah fully adjustable.

Di bagian kaki-kaki, KTM 390 Adventure menggunakan pelek diameter 19 inci di depan dan 17 inci di belakang yang dibalut dengan ban dual purpose. Sistem pengereman di bagian depan dilengkapi kaliper radial Bybre 4 piston dengan cakram diameter 320 mm. Sementara itu rem belakang memakai kaliper Bybre 1 piston dengan cakram berukuran 230 mm. Ada pula rem ABS (Anti-lock Braking System) dual channel.

Nah, di bagian pencahayaan, KTM 390 Adventure dibekali lampu yang sudah berteknologi full LED. Panel instrumennya pun memakai layar TFT full color yang dapat tersambung dengan smartphone melalui koneksi Bluetooth. Motor ini pun disematkan slipper clutch.

Pihak PT. Penta Jaya Laju Motor selaku APM KTM di Indonesia pun mengungkapkan jika motor keren itu tak lama lagi juga bakal masuk ke Indonesia. “Desember ini launching di India, awal tahun depan pasti setelah India akan launch di Indonesia,” ungkap Kristianto Goenadi, President Director PT. Penta Jaya Laju Motor, seperti dilansir Otomotifnet.

Sayangnya ia masih belum bersedia mengungkap berapa banderol motor itu. “ tunggu launching, yang pasti tidak jauh dari Duke 390,” katanya. Untuk diketahui, Duke 390 saat ini Rp113,4 juta berstatus OTR Jakarta.

   
Penulis: