Motor Listrik BMW Mulai Dipamerkan, Kecepatannya Saingi S 1000 RR

Jakarta Motorrad rupanya tak hanya ingin fokus mengembangkan -motor berbahan bakar bensin saja. Pabrikan asal Jerman ini sejak beberapa waktu lalu juga serius mengembangkan dan telah memamerkan sosok Roadster Visi DC pada bulan Juni 2019.

BMW Motorrad Vision DC – id.priceprice.com

“Lebih cepat dari perkiraan, ternyata BMW sudah menunjukkan motor listrik pertamanya. Sejumlah media di Eropa juga telah menuju Perancis untuk melihat E-Power Roadster yang sepertinya menjadi prototipe sepeda motor listrik BMW,” demikian seperti dilansir Rideapart melalui Liputan6.

Motor listrik yang kabarnya telah dijajal oleh para jurnalis otomotif di benua Eropa tersebut adalah potongan dari BMW konvensional, mulai dari ujung depan yang menggunakan S 1000 R dan ujung belakangnya yang berasal dari R 1200RS. BMW Motorrad seolah ingin menunjukkan penggerak motor listrik mereka dibanding dari motor listrik itu sendiri.

Walau demikian, BMW Motorrad E-Power ternyata menghadirkan berbagai fitur yang cukup menarik. Apabila dibandingkan dengan motor listrik pada umumnya, E-Power rupanya mengirimkan tenaga ke roda belakang lewat poros, bukan memakai belt. Dengan tersebut, BMW Motorrad E-Power diklaim dapat menghasilkan daya mencapai 136 tenaga kuda dan torsi 47 lb-ft.

Yang lebih mantap lagi, BMW Motorrad E-Power disebut-sebut sanggup berakselerasi dari 0 sampai 100 km hanya dalam waktu 2,9 detik, bahkan hampir 0,2 detik lebih cepat dari BMW Motorrad S 1000 RR. Prototipe tersebut juga kompatibel dengan pengisi daya yang cepat serta mampu mengisi ulang daya 3 mil dalam satu menit. Dengan demikian, dalam 30 menit pengisian daya motor tersebut dapat memperoleh kembali sekitar 90% dari total jangkauannya. Targetnya, pengisian dalam 30 menit bisa memberi jarak jelajah sekitar 178 km.

Pengembangan E-Power Roadster Concept pun memperoleh komentar positif dari Kepala BMW Motorrad, Christoph Lischka. “Kami benar-benar senang dengan apa yang telah kami capai dengan ‘C evolution’ tetapi itu adalah solusi untuk transportasi perkotaan,” ungkapnya.

Selain untuk berkendara di perkotaan, motor itu diharapkan dapat dipakai juga medan off-road di pegunungan. Sayangnya pihak BMW Motorrad masih belum bisa memastikan kapan motor itu mulai diproduksi dan dipasarkan.

   
Penulis: