Tak Cuma Kawasaki, Yamaha Ternyata Punya Motor Retro Modern YB125 SP

Jakarta – Di tengah gempuran skuter matic, rupanya bergaya retro modern masih memiliki tempat di hati para penggemarnya. Sementara ini, di Indonesia untuk segmen bergaya retro baru diisi beberapa pabrikan seperti PT Indonesia (KMI) dengan Kawasaki W Series mereka, Benelli dengan Motobi, hingga pabrikan lokal Viar dengan Vintech mereka. Meski sudah muncul beberapa pesaing, sepertinya bike W Series besutan Kawasaki masih belum mempunyai lawan yang sebanding.

YB125 SP -www.otosia.com

Padahal seperti dilansir Motosaigon, di negara tetangga seperti Vietnam sana produsen asal , Yamaha ternyata juga mempunyai seri naked bike retro dengan gaya khas motor custom, yakni Yamaha YB125 SP. Motor ini pada dasarnya bukan sebuah yang benar-benar baru, tetapi hanya mengalami perubahan .

“Yamaha YB125 SP Edition adalah salah satu seri motor dengan segmen di bawah 70 juta VND yang mendarat di Vietnam untuk memenuhi permintaan anak muda,” demikian seperti dilansir trangcongnghe. Apabila dikonversikan dalam rupiah 70 juta VND setara dengan Rp43 jutaan. Akan tetapi, masih belum ada informasi resmi dari motor tersebut. Ada yang memprediksi jika motor Yamaha YB125 SP akan dijual dengan kisaran VND30 juta atau setara Rp18 jutaan.

Sosok Yamaha YB125 SP memang cukup memikat. Bagian depannya sudah dilengkapi dengan headlight bohlam serta panel instrumen berbentuk bulat. Lalu ada pula penyematan aksesoris berupa spion bar-end di bagian setang yang seolah semakin menegaskan kesan klasik dari motor Yamaha YB125 SP. Kemudian bagian tangki bahan bakar juga dirancang melengkung dengan lekukan halus, dipadukan jok rata dengan motif diamond dan spakbor minimalis. Sejumlah komponen itu membuat kesan retro Yamaha YB125 SP makin kuat.

Yamaha YB125 SP memiliki ukuran dimensi panjang 1.990 mm, lebar 745 mm, dan tinggi 1.050 mm. Tinggi sadelnya hanya 760 mm dan berat total dari motor keren ini mencapai 117 kg. Kemudian ubahan lain terlihat dari pelek casting asli yang diganti dengan pelek jari-jari (spoke wheel) dan ban semi-terrain. Di bagian kaki-kaki ditunjang oleh suspensi depan teleskopik dan dual suspension di belakang.

Sedangkan dapur pacunya menggunakan mesin 1 silinder 125 cc berpendingin udara yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 9,52 HP pada 7.800 rpm, torsi maksimum 9,9 Nm pada 8.000 rpm dengan transmisi 5 percepatan.

   
Penulis: