Yamaha Tracer 700 Model 2020 Meluncur, Standar Emisi Sudah Euro 5

Milan – Pabrikan asal Jepang, akhirnya mengenalkan dari sepeda motor Tracer 700 year (MY) 2020 pada ajang pameran bergengsi EICMA 2019 di Milan, Italia. Motor tersebut adalah pengembangan versi adventure dari Yamaha MT-07. Oleh sebab itu, kedua motor ini berbagi sasis yang sama.

Yamaha Tracer 700 Model 2020 – (Youtube: MotorNL)

Usai 3 tahun lamanya menunggu, Yamaha akhirnya melakukan ubahan yang cukup signifikan pada Yamaha Tracer 700. Meskipun memiliki sasis dan yang sama seperti MT-07, Yamaha Tracer 700 mempunyai perbedaan yang cukup mencolok dibandingkan MT-07, terutama dari ukuran bodi yang lebih besar serta bagian kaki-kaki yang diklaim lebih andal. Tampilan Yamaha Tracer 700 sendiri kabarnya terinspirasi dari YZF-R1.

Yamaha Tracer 700 menggunakan lampu LED DRL di bagian depan yang dipadukan dengan projector headlight di bagian bawah. Perubahan di bagian eksterior kabarnya dilakukan untuk meningkatkan aerodinamika dari motor dual purpose ini.

“Yamaha juga meningkatkan pengendalian Tracer 700 baru dengan menyematkan suspensi adjustable, baik di depan maupun di belakang yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Kenyamanan juga ditingkatkan dengan jok yang didesain ulang,” demikian seperti dilansir JPNN.

Pihak Yamaha berupaya untuk menggabungkan fungsionalitas sebuah motor adventure dengan konsep sporty dan juga kenyamanan supaya tetap responsif saat digunakan untuk berkendara di berbagai medan. Bagian setang pun dibuat lebih lebar dan dilengkapi handguard.

Motor Yamaha Tracer 700 juga dilengkapi dengan layar instrumen panel full digital baru negative-display. Informasi yang disajikan pun masih sama, namun tampilannya menjadi lebih mudah dibaca oleh para pengendara, khususnya di siang hari. Yamaha Tracer 700 dibekali mesin 2 silinder inline dengan kapasitas 698 cc yang mampu menyemburkan tenaga 72,5 hp dan torsi 68 Nm. Mesin tersebut juga sudah dirombak agar sesuai dengan emisi gas buang Euro 5.

Pihak Yamaha pun mengklaim jika Tracer 700 termasuk motor ringan di kelasnya. Suspensinya masih memakai jenis teleskopik ukuran 41 mm di bagian depan dan monoshock 142 mm di bagian belakang. Suspensi tersebut bisa disesuaikan dengan keinginan pengendara.

Yamaha Tracer 700 MY2020 hadir dalam 3 pilihan , yakni Icon Grey, Sonic Grey, dan Phantom Blue. Sayangnya banderol motor ini masih belum diumumkan. Yamaha akan mulai memasarkannya untuk pasar Eropa mulai Maret 2020 mendatang.

   
Penulis: