Siap-Siap, KTM Bakal Luncurkan Duke Versi 125 cc

New Delhi – Produsen asal Austria, bakal merilis dengan kubikasi kecil, yakni KTM Duke 125 di India pada bulan November 2018 mendatang. bike entry level tersebut belakangan telah membuat banyak pihak penasaran. Pasalnya, selain mempunyai tampilan yang keren, kabarnya KTM Duke 125 juga mempunyai performa yang mantap.

KTM Bakal Luncurkan Duke Versi 125 cc – cbeditspng.blogspot.com

Sebagai informasi, Negeri Hindustan sendiri kini menjadi basis KTM untuk sepeda motor yang kapasitasnya di bawah 400 cc, sekaligus menjadi uji coba pasar sebelum dipasarkan ke negara lain, termasuk kawasan Asia. “Produsen asal Austria ini benar-benar merancang Duke 125 dengan elemen yang serba baru. Mulai dari body, mesin, rangka, dan suspensi seluruhnya merupakan project perdana KTM,” demikian seperti dilansir IndianAutos.

Sebelum resmi diluncurkan di India, motor yang kabarnya hasil kolaborasi dengan Bajaj ini sudah ramai dibahas di dunia maya. Bahkan pihak KTM juga beberapa waktu lalu sempat mengadakan sayembara pada seluruh biker untuk menyumbangkan ide nama pada motor tersebut dengan imbalan berbagai hadiah menarik.

Jika dilihat dari tampilan luarnya, KTM Duke 125 mengusung karakter streetfighter yang kuat. Hal ini tampak dari penggunaan cover headlamp yang berbentuk lancip serta bodi terbuka tanpa fairing. Desainnya memang disebut-sebut mengikuti generasi SuperDuke 1290 cc atau mirip seperti Duke 390.

KTM Duke 125 dilengkapi terkini seperti lampu LED dan kluster instrumen digital TFT. Selain itu, Duke 125 mengusung mesin 124,7 cc, satu silinder, berpendingin cairan, yang diklaim dapat menyemburkan tenaga 14,7 bhp dan torsi 11,80 Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan gearbox 6 percepatan. tersebut masih kalah dari motor berkapasitas 150 cc yang dapat menghasilkan tenaga melebihi 17 bhp.

Meski demikian, mesin yang diusung oleh Duke diklaim lebih unggul dari motor 150 cc produksi Jepang. Yang tak kalah menarik, Duke 125 menggunakan suspensi upside down WP 43 mm di depan yang setara dengan moge berkapasitas 1000 cc. Sementara itu pada suspensi belakang memakai monoshock dengan merek yang sama.

Di sektor pengereman, KTM Duke 125 menggunakan cakram berdiameter lebar 300 mm di bagian depan dan 230 mm di bagian belakang. Selain itu, Duke berkapasitas paling kecil ini ditunjang rem ABS dual channel Bosch. Tetapi masih belum jelas apakah KTM Duke 125 yang diluncurkan di Asia ini akan sama seperti yang di Eropa atau tidak.

   
Penulis: