Spesifikasi Ducati Hyperstrada 821, Versi Touring Model Hypermotard

 1919 views

Jika Anda memang mengaku sebagai penggemar sejati, pastinya sudah tidak asing lagi dengan merek Ducati. Ducati merupakan brand asal Negeri Pizza yang bermain di segmen sport bike dan adventure bike kategori premium. Dan, untuk kategori touring kelas atas, pabrikan yang identik dengan merah ini punya jagoan bernama Hyperstrada 821.

Ducati Hyperstrada 821 – calsci.com

 

Ducati Hyperstrada 821 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2012 lalu dalam ajang EICMA yang berlangsung di Milan. Kehadiran Hyperstrada 821 kala itu membuat kaget para penggemar karena sebelumnya beredar kabar bahwa Ducati bakal meluncurkan Multistrada atau Hypermotard terbaru.

Bisa dibilang, Hyperstrada 821 merupakan perkawinan silang antara model Multistrada dengan Hypermotard. Hyperstrada 821 adalah versi touring dari Hypermotard supermoto. Berbeda gaya dan tujuan, namun Hyperstrada 821 membawa Hypermotard menuju hal yang lebih menyenangkan. Lekuk tubuhnya indah, ergonomis, dengan sejumput bumbu praktis yang menjadikan motor ini sangat fleksibel untuk digunakan dalam kota hingga touring jarak jauh.

Hyperstrada 821 mengusung touring screen, center stand, mudguard yang lebih panjang, dua kanal auxiliary, tas berkapasitas 50 liter atau aksesoris top case 31 liter. Selain itu, setang motor ini juga lebih tinggi 20 mm ketimbang kepunyaan Hypermotard sehingga lebih nyaman ketika digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

Hyperstrada 821 juga memiliki jok yang punya perbedaan kontur antara rider dengan pembonceng yang signifikan plus lebar. Ini agak berbeda dengan jok kepunyaan Hypermotard yang sedikit lebih datar. Kegunaan kontur ini adalah agar pengendara lebih nyaman ketika menunggangi motor ini dan lebih friendly.

Pabrikan asal Italia juga menyematkan engine guard dan karet di foot-peg yang bisa dilepas. Engine guard berfungsi melindungi dari benturan dengan benda-benda yang bisa ditemui selama melakukan touring, sedangkan foot-peg yang dilapisi karet berguna untuk meredam getaran ke kaki pengendara.

Di bagian jantung pacu, Hyperstrada menggendong mesin 4-stroke, Testatretta 11 derajat, liquid-cooled, twin-cylinder, 4 valve per silinder, DOHC, berkapasitas 821cc. Dengan modal tersebut, motor ini mampu memuntahkan tenaga maksimal 108 HP pada mode berkendara Sport dan Touring, serta 74 HP pada mode berkendara Urban.

Ketika pertama kali diluncurkan, Ducati menawarkan model Hyperstrada 821 dalam dua pilihan warna, yaitu Ducati Red dan Arctic White. Satu unit motor touring-oriented ini kala itu ditawarkan dengan harga mulai USD 13.295, sedangkan di dijual dengan harga sekitar Rp350 jutaan. Berikut teknis Ducati Hyperstrada 821.

Tipe Mesin 4-stroke, Testatretta 11 derajat, liquid-cooled, twin-cylinder, 4 valve per silinder, DOHC
Kapasitas Mesin 821cc
Diameter x Langkah 88 x 67,5 mm
Daya Maksimum 108 HP (Sport dan Touring), 74 HP (Urban)
Torsi Maksimum 89 Nm @ 7.750 rpm
Transmisi 6-speed
Ban Depan 120/70ZR-17 Pirelli Scorpion Trail
Ban Belakang 180/55ZR-17 Pirelli Scorpion Trail
Jarak Sumbu Roda 1.490 mm
Tinggi Jok 850 mm
Kapasitas Bahan Bakar 16 L
Berat 190 kg
Rangka Tubular steel
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Monoshock
Rem Depan Dual floating-disc 320 mm, 4-piston, ABS
Rem Belakang Disc brake 245 mm, 2-piston, ABS
   
Penulis: