Spesifikasi Harley Davidson FLSTS Heritage Springer Softail

Harley Davidson merupakan produsen asal AS yang terkenal berkat -produk motor besar (moge) yang umumnya dibuat untuk keperluan touring atau perjalanan jarak jauh. Secara umum, motor buatan pabrikan ini dapat dibagi menjadi tujuh jenis atau berdasarkan frame, engine atau , suspensi, dan juga karakteristik lainnya. Dan, salah satu Harley Davidson yang cukup laris di pasaran otomotif global adalah Softail.

Harley FLSTS Heritage Springer Softail – www.2040-motos.com

 

Softail merujuk pada yang menampilkan suspensi belakang “tersembunyi” dengan pegas atau peredam kejut untuk menyerap benjolan. Motor ini memberikan penampilan hard-tail atau rigid frame, dengan peredam kejut yang berada di bawah motor biasanya “terhindar” dari pandangan. Pertama kali dirilis pada tahun 1984 dengan model FXST Softail, motor ini kemudian diperluas dengan menghadirkan suspensi belakang seperti motor pada umumnya.

Dari sekian banyak model Softail yang beredar, salah satu yang cukup dikenal adalah model FLSTS Heritage Springer Softail. Motor ini pertama kali diperkenalkan ke publik otomotif dunia pada tahun 1997 silam untuk menggantikan model FLSTN Heritage Softail. Berbeda dengan model FXSTS Softail Springer, FLSTS Heritage Springer hadir dengan roda depan berukuran 16 inch. Motor ini juga mengusung kantong pelana di bagian samping bodi, whitewalls, muffler fishtail, dan lampu sebagai upaya untuk memberikan tampilan dari model FL Panhead yang dirilis tahun 1948.

Untuk model yang diluncurkan tahun 1997 hingga 1999, hadir dengan membawa mesin Evolution dengan transmisi 5 percepatan. Mesin tersebut dikawinkan dengan chain-case utama tradisional yang tertutup. Mesin Evolution adalah mesin berkapasitas 1.340cc dan menggunakan pengapian ganda yang ditembakkan kedua silinder pada saat yang sama, terlepas dari fakta bahwa salah satu piston tidak akan berada di langkah kompresi optimal.

Perubahan radikal terjadi pada model yang diluncurkan tahun 2000. Sebuah bingkai Softail baru diperkenalkan dengan geometri yang berbeda dan lebih baik. Bingkai backbone diperkuat, swing arm baru, dan peningkatan rem belakang dengan penambahan piston tambahan. Selain itu, mesin Evolution digantikan dengan model Twin Cam dengan peningkatan menjadi 1.450cc.

Pada tahun 2001, perubahan hadir, termasuk pinggiran yang dihapus dari kantong pelana dan kursi. Yang cukup menarik, Harley tidak meng-upgrade rem depan Heritage Springers rem depan dari model 1999. Springers adalah satu-satunya Softail yang terus menggunakan caliper yang sama di bagian depan yang digunakan sejak tahun 1984. Sayangnya, Harley memutuskan untuk menghentikan produksi FLSTS Heritage Springer setelah model tahun 2003. Berikut spesifikasi teknis Harley FLSTS Heritage Springer Softail.

Tipe Mesin Air-cooled, 4-stroke, V-Twin, OHV
Kapasitas Mesin 1.449cc
Diameter x Langkah 95,2 x 101,6 mm
Starter Electric
Torsi Maksimal 85 ft.lb @ 3.000 rpm
Transmisi 5-speed
Suspensi Depan Air adjustable forks
Suspensi Belakang Adjustable shocks
Rem Depan Single disc
Rem Belakang Single disc
Ban Depan MT90-B16
Ban Belakang 150/80-B16
Berat Kosong 310 kg
Kapasitas 15,9 L
   
Penulis: