Spesifikasi Harley Davidson VRSCB V-Rod, Cruiser Keren Medio 2000-an

 445 views

Memang, tidak ada habis-habisnya jika kita membicarakan buatan Harley Davidson. Dengan dibekali terkini, desain yang aduhai, serta performa yang beringas, kuda besi asal Negeri Paman Sam tersebut selalu mampu membuat banyak penggemar otomotif berdecak kagum.

Harley Davidson VRSCB V-Rod – onlymotorbikes.com

 

Hingga detik ini, Harley Davidson sudah menelurkan puluhan bahkan ratusan sepeda gahar ke pasar otomotif dunia. Dan, salah satu yang cukup terkenal di era medio tahun 2000-an lalu adalah VRSCB V-Rod. Ini merupakan kedua dalam keluarga VRSC. VRSC sendiri adalah yang dirilis Harley pertama kali pada tahun 2001 silam dan hadir dalam berbagai varian, seperti VRSCA V-Rod, VRSCAW V-Rod, hingga model VRSCB V-Rod ini.

VRSCB V-Rod pertama kali menyapa publik otomotif dunia pada rentang tahun 2004-2005 lalu. Model ini memiliki mekanis yang identik dengan model VRSCA yang dirilis sebelumnya, dengan beberapa perbedaan kosmetik, termasuk pada bagian bingkai hitam, pemolesan aluminium, mesin, clamshell, hingga rumah instrumen indikator dan setang.

Dengan berbagai perubahan tersebut, VRSCB V-Rod tampil lebih tangguh dibandingkan pendahulunya, yang mengingatkan orang pada sosok Night Train dan FXDX Super Glide . Beberapa karakter kunci pada motor cruiser ini di antaranya two-tone perak dan hitam pada penutup mesin, bingkai berwarna hitam, kaliper dan garis rem yang juga berwarna hitam, kontrol tangan yang lagi-lagi hitam, setang dengan instrumen minimalis, hingga shock belakang simpel.

Di sektor jantung pacu, pabrikan asal AS membekali motor ini dengan mesin tipe 4-stroke, liquid-cooled, V-twin, DOHC, 4 katup per silinder, fuel injection, berkapasitas 1.130cc. Dengan modal tersebut, VRSCB V-Rod disebut mampu memuntahkan tenaga maksimal 115 HP pada putaran 8.250 rpm dan torsi puncak 88 Nm pada putaran 6.300 rpm. Berikut teknis Harley Davidson VRSCB V-Rod.

Tipe Mesin 4-stroke, liquid-cooled, V-twin, DOHC, 4 katup per silinder, fuel injection
Mesin 1.130cc
Diameter x Langkah 100 x 72 mm
Daya Maksimum 115 HP @ 8.250 rpm
Torsi Maksimum 88 Nm @ 6.300 rpm
Transmisi 5-speed
Starter Electric
Rangka Steel
Suspensi Depan Huge 49 mm fork
Suspensi Belakang Twin coil over adjustable shock
Rem Depan Dual disc, 4-piston
Rem Belakang Single disc, 4-piston
Ban Depan 120/70ZR-19
Ban Belakang 180/55ZR-18
Tingi Jok 687 mm
Berat Kosong 270 kg
Kapasitas Bahan Bakar 14 L
Top Speed 218,6 km/jam
   
Penulis: