Spesifikasi TVS King ZS, Kendaraan Komersial Roda Tiga Berbekal CNG

 1089 views

Apa yang terlintas di pikiran Anda jika berbicara tentang kendaraan bermotor atau umum roda tiga? Pasti yang langsung terbersit adalah Bajaj. Memang, pabrikan asal India tersebut telah terkenal sebagai produsen kendaraan komersial jenis ini. Bajaj telah melanglang-buana di , terutama di Jakarta, sejak dulu hingga sekarang.

TVS King ZS – gammatvs.com

 

Sebenarnya, tak cuma Bajaj saja yang menjadi produsen kendaraan komersial roda tiga asal India. Ada juga nama TVS, sebuah pabrikan yang sebenarnya lebih dulu terkenal dengan roda tiga atau untuk arena off-road. Di segmen kendaraan komersial roda tiga, perusahaan tersebut memiliki yang diberi nama TVS King.

TVS King pertama kali diluncurkan di India sekitar tahun 2009 lalu. Kendaraan ini menggendong 4-stroke, single cylinder, forced air-cooled, berkapasitas 199,26cc. Dengan bekal tersebut, pabrikan India mengklaim kendaraan roda tiga miliknya ini mampu menyemburkan tenaga 6,4 kW pada putaran 5.250 rpm dan torsi puncak menembus angka 14,5 Nm pada putaran 3.250 rpm.

Menyusul kesuksesan TVS King, di akhir Desember 2009, diluncurkan pula model TVS King ZS yang mengusung bahan bakar CNG atau LPG. Kendaraan ini sarat dengan unggulan seperti Hi-tech yang unik, daya tahan, serta emisi gas buang yang rendah. Singkatnya, TVS King ZS didesain untuk memberikan kenikmatan berkendara yang lebih tinggi bagi pengemudi dan penumpang, termasuk untuk urusan keamanan.

Salah satu fitur yang cukup menarik pada model TVS King ZS adalah lampu depan model kembar dan lampu belakang yang lebih besar dan cerah untuk kebutuhan penerangan di malam hari. Interior kendaraan ini juga menarik dengan dashboard seperti kepunyaan mobil, termasuk indikator penunjuk bahan bakar dan socket pengisian ponsel. Sementara, fitur standar yang tersemat di antaranya tempat botol minuman, rak majalah, penutup gas untuk silinder CNG, hingga tikar dan radio FM.

Di sektor jantung pacu, pabrikan India membekali kendaraan ini dengan mesin tipe 4-stroke, single cylinder, forced air-cooled, spark ignition, berkapasitas 199,26cc. Dengan modal tersebut, TVS King ZS disebut mampu menyemburkan daya maksimal 6 kW pada putaran 5.000 rpm melalui transmisi manual 4 percepatan.

TVS King ZS hadir dalam satu pilihan warna, yaitu hijau kombinasi kuning. Ketika pertama kali diluncurkan, TVS melepas kendaraan ini dengan harga mulai Rs. 1,24 lakh. Berikut teknis TVS King ZS.

Dimensi 2.645 x 1.330 x 1.740 mm
Jarak Sumbu Roda 1.985 mm
Berat Kosong 360 kg
Jarak ke Tanah 165 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 5 liter
Suspensi Depan dan Belakang Trailing arm type
Rem Depan dan Belakang Drum, hidrolik
Tipe Mesin 4-stroke, silinder tunggal, air-cooled
Kapasitas Mesin 199,26cc
Diameter x Langkah 62 x 65 mm
Daya Maksimum 6 kW @ 5.000 pm
Transmisi 4 gear depan, 1 gear mundur
Starter Elektrik
Kapasitas Bahan Bakar 20.6 L
   
Penulis: