Susul NMAX, Honda Rilis All New PCX 150 Versi Lokal dengan Harga Bersaing

Jakarta – PT Astra (AHM) akhirnya merilis skuter matic Honda PCX 150 versi rakitan lokal pada Rabu (13/12) kemarin. Peluncuran Honda PCX 150 lokal ini sengaja dilakukan untuk menyaingi kehadiran NMAX yang sebelumnya menjadi penguasa di segmen skuter maxi. PCX sendiri pada dasarnya telah hadir di Indonesia sejak tahun 2010 silam. Akan tetapi karena didatangkan secara utuh (CBU) dari Vietnam dan Thailand, PCX pun seolah tak bisa bersaing dengan NMAX.

All New PCX 150 – .kompas.com

Akan tetapi dengan dihadirkan PCX versi lokal ini tampaknya menunjukkan upaya PT AHM untuk mewujudkan impian konsumen yang ingin memiliki PCX dengan harga murah. Jika PCX versi CBU dijual dengan harga Rp 40.525.000, maka yang versi lokal bisa ditebus cukup dengan Rp 27 juta untuk CBS non-ABS, sedangkan yang tipe CBS ABS harganya Rp 32 juta berstatus on the road (OTR) Jakarta.

“Akhirnya All-New PCX diproduksi langsung di pabrik PT. Astra Honda Motor (AHM) yang tentunya hadir dengan harga semakin terjangkau dengan penyematan dan fitur premium. Motor ini cukup ditunggu lama oleh konsumen. (Sebelumnya) didatangkan dari luar negeri, namun akhirnya PCX diproduksi langsung oleh AHM,” ujar Presiden Direktur AHM, Toshiyuki Inuma, Rabu (13/12) di Jakarta, seperti dilansir Suara.

Lebih lanjut Inuma mengungkapkan jika produksi massal Honda PCX versi lokal akan dilakukan awal tahun 2018 mendatang. “Honda PCX telah didesain untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang berbeda, melalui yang mewah, fitur berkelas dan posisi berkendara yang sangat nyaman,” tuturnya.

Honda PCX 150 teranyar hadir dalam beberapa pilihan warna, yakni Black, White, Red, dan Light Gold. Dari segi desain, All New Honda PCX tampil dengan desain bodi berkontur baru dan desain lampu depan dan belakang LED. Selain itu, pelek baru dirancang dengan ban lebih lebar, yakni 100/80-14 di bagian depan dan belakang 120/70-14, dengan sumbu roda (wheelbase) lebih pendek, 1.313 mm untuk memudahkan pengendalian.

All New Honda PCX dilengkapi berbagai fitur seperti Smart Key System yang terintegrasi dengan alarm plus Answer Back plus panel meter baru berteknologi digital. Honda kini menggunakan rem cram tak hanya di bagian ban depan saja, tetapi juga di ban belakang. Di sektor dapur pacu, Honda PCX mengusung yang sama seperti Vario eSP 150 cc dengan 4 stroke, SOHC, PGM-FI, Liquid Cooled dengan rasio kompresi 10.6:1.

   
Penulis: