Suzuki Address, Jagoan Baru Suzuki di Segmen Skuter Matik

 3559 views

Selain Yamaha dan Honda, pabrikan asal lainnya, yaitu , juga tak mau ketinggalan dalam meluncurkan skuter matik (skutik) untuk pasar Tanah Air. Setelah merilis varian pertama skutik pada sosok Spin 125, Suzuki kini memiliki Suzuki Address sebagai jagoan baru di segmen otomatis.

suzuki address – jackbiker.com

 

Skuter ini pertama kali dirilis di pada November 2014 lalu lewat ajang Internasional Motor Show (IMOS). skuter terbaru ini terlihat lebih matang dibanding generasi pendahulunya, seperti Suzuki Spin 125 maupun Suzuki Nex.

Dari sisi tampilan, Suzuki Address memang memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan motor matik Suzuki lainnya, yaitu panjang x lebar 1.845 x 665 mm, dengan jarak sumbu roda 1.260 mm dan berat kosong mencapai 95 kg. Namun, skutik ini masih terlihat ramping yang tampak pada lekukan bodi yang begitu simpel dan tegas.

Pada sektor bodi depan, Suzuki Address memiliki tampilan layaknya Suzuki Axelo dan Suzuki Shooter, yaitu lampu utama berukuran mungil yang berada pada bagian stang. Sementara di sisi belakang, skuter ini dilengkapi dua lampu sein yang terlihat seperti mata yang menghadap ke belakang. Adapun jok didesain khusus dengan posisi pengemudi lebih rendah untuk menjaga kestabilan motor.

Beralih ke sektor dapur pacu, Suzuki membekali skuter matik ini dengan tipe 4-stroke, silinder tunggal, SOHC, berpendingin udara, berkapasitas 113cc. Dengan rasio kompresi 9,4 : 1 dan sistem bahan bakar fuel injection, Suzuki Address diklaim mampu meletupkan tenaga maksimal di kisaran 8 PS hingga 9 PS serta torsi puncak mencapai 8 Nm.

-fitur lain yang melengkapi skuter matik ini adalah ruang bagasi yang cukup lapang, yaitu 20,6 liter, Ignition Key untuk sistem penguncian yang lebih aman, hingga Key Shutter yang menerapkan standar matik. Selain itu, adanya brake lock membuat Suzuki Address mudah diparkir atau berhenti pada kondisi jalanan yang miring.

Di Indonesia, Suzuki Address hadir dalam tiga pilihan warna, yaitu medium blue/titan black, celebration red/titan black, dan brilliant white. Satu unit Suzuki Address dibanderol di kisaran Rp14.870.000 (on the road Jakarta).

Berikut teknis Suzuki Address.

Panjang x Lebar 1.845 mm x 665 mm
Jarak Sumbu 1.260 mm
Jarak Pijak 120 mm
Tinggi Jok 755 mm
Berat Kosong 95 kg
Tipe Mesin 4-stroke, 1 cylinder, air-cooled, SOHC
Isi Silinder 113cc
Rasio Kompresi 9,4 : 1
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Sistem Pengapian Electronic ignition (Transistorized)
Sistem Starter Electric & Primary Kick
Transmisi CVT
Kapasitas Tangki 5,2 Liter
Suspensi Depan Telescopic, coil spring, oil damped
Suspensi Belakang Swing arm type, coil spring, oil damped
Rem Depan Disc brake
Rem Belakang Drum brake
Roda Depan 80/90-14 M/C 40P
Roda Belakang 90/90-14 M/C 46P
Velg Racing
   
Penulis: