Suzuki FR 80, Pelopor Moped Buatan Suzuki

 679 views

merupakan salah satu brand asal yang sudah punya nama mendunia. Motor buatan sering dibanding-bandingkan dengan motor Honda, Yamaha, atau Kawasaki yang juga berasal dari Negeri Matahari Terbit. Bahkan, empat pabrikan ini bergantian menguasai segmen motor dunia, baik di kelas moped hingga motor sport.

Suzuki FR 80 – otomotiva.blogspot.com

 

Khusus untuk motor , Suzuki telah merilis beberapa model yang pastinya sudah cukup familiar di telinga konsumen , misalnya Suzuki Shogun, Suzuki Satria, Suzuki Tornado, atau Suzuki Crystal. Namun, sebelum model-model tersebut muncul, Suzuki terlebih dulu meluncurkan model FR 80 yang disebut-sebut sebagai motor pertama buatan perusahaan otomotif asal Jepang tersebut.

Suzuki merilis FR 80 pertama kali pada tahun 1973. Saat itu, motor yang juga kerap disebut Suzuki Family ini disejajarkan dengan Yamaha V80 dan juga Honda Super Cup C70. Bisa dibilang, tiga motor ini bersaing ketat dalam hal penjualan motor bebek pada era itu.

Ketika pertama kali dirilis, Suzuki FR 80 mengusung lampu depan berbentuk kotak, lampu belakang yang terpisah dengan dan berukuran kecil, serta material spion dari bahan alumunium. Lalu, menjelang tahun 1980-an, Suzuki memperbarui model FR 80 dengan perubahan mencolok pada lampu belakang berukuran lebih besar yang menyatu dengan tengah serta material spion yang sudah menggunakan bahan plastik.

Sementara, untuk sektor jantung pacu, Suzuki membekali model FR 80 dengan tipe 2-stroke, rebah, silinder tunggal, berkapasitas 79cc, pendingin udara. Dengan bekal tersebut, motor ini diklaim mampu meletupkan tenaga maksimal 6,8 HP pada putaran 4.500 rpm dan torsi puncak menembus 8,04 Nm pada putaran 4.500 rpm melalui tiga percepatan.

Meski sudah tergolong barang antik, Suzuki FR 80 nyatanya hingga kini masih diburu untuk kemudian dimodifikasi. Selain itu, kampas kopling Suzuki FR 80 juga banyak dicari karena dikenal tangguh dan banyak digunakan pada motor bebek era modern. bekas motor bebek ini sendiri saat ini ditawarkan mulai Rp400 ribuan hingga Rp6,5 jutaan, tergantung kondisi barang.

Berikut teknis Suzuki FR 80.

Tipe Mesin 2-stroke, rebah, silinder tunggal
Kapasitas Mesin 79cc
Diameter x Langkah 49 x 42 mm
Daya Maksimum 6,8 HP @ 4.500 rpm
Torsi Maksimum 8,04 Nm @ 4.500 rpm
Sistem Pendingin Air-cooled
Transmisi 3-speed
Baterai/Aki 6 Volt (Yuasa 6N4-2A)
Starter Kick
Suspensi Depan Leading link
Suspensi Belakang Swing arm, double shock
Ban Depan 2,25 – 17”
Ban Belakang 2,50 – 17”
Rem Depan Tromol
Rem Belakang Tromol
   
Penulis: