Setelah Taiwan, Suzuki Saluto 125 Bakal Rilis di Indonesia?

Sepeda-motor.info – Pada bulan Desember 2019 kemarin, resmi meluncurkan skuter matik Saluto 125 di Taiwan. Mengusung layaknya dan Lambretta, ini langsung mencuri perhatian banyak khalayak. Kabarnya, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pun tertarik memboyong kuda besi tersebut untuk pasaran dalam negeri.

Suzuki Saluto 125 – bmspeed7.com

Memang, belum diketahui kapan Saluto 125 resmi mengaspal di Indonesia. Namun, menurut desas-desus yang beredar, skuter tersebut akan dirilis pada bulan Februari 2020 mendatang. Pihak PT SIS pun menyebutkan bahwa Saluto diproyeksikan untuk melengkapi jajaran motor Suzuki dan sudah menjadi bahan diskusi perusahaan.

“Saya belum bisa menjanjikan Suzuki akan merilisnya dalam waktu dekat. Kami sekarang terus mendalami riset, mulai dari segmentasi, persaingan, penyesuaian dengan regulasi di Indonesia, dan pengaturan ,” tutur Marketing and Business Development Head 2W PT SIS, Yohan Yahya, dilansir Kumparan. “Hingga saat ini, kami masih mengkalkulasikan keseluruhannya, termasuk yang kompetitif untuk tersebut.”

Sepeda motor otomatis ini sendiri resmi diluncurkan dalam gelaran Taiwan Motor Show 2019. Tampilan yang dibawa memang sangat mirip skuter dari Italia, Vespa. Hal tersebut tampak pada bagian lampu depan berbentuk kotak. Meski demikian, headlamp tersebut sudah lebih modern dengan balutan bingkai krom serta mengusung LED.

Perusahaan pun menyematkan DRL dan lampu sein yang diletakkan agak ke bawah, dengan lampu positioning U-shaped. Sementara, sektor panel depan memiliki garis-garis simetris memanjang dari atas ke bawah, yang membuat skuter ini sangat kental bernuansa Eropa. Suzuki sendiri menuturkan bahwa semua sumber pencahayaan pada Saluto 125 sudah menggunakan LED.

Beralih ke bagian dapur pacu, Suzuki membekali Saluto 125 dengan 4-stroke, berkapasitas 124cc, mirip yang digunakan oleh Suzuki Swish 125 yang mengaspal di pasaran Eropa. Jeroan tersebut menawarkan tenaga maksimal 9,2 HP pada putaran 7.000 rpm dan menggapai torsi puncak 10 Nm pada putaran 6.000 rpm.

   
Penulis: