Suzuki Uji Burgman dengan Tenaga Fuel Cell

 269 views

Sepeda-.info – Kampanye ramah lingkungan yang semakin gencar membuat banyak pabrikan berlomba-lomba menghadirkan produk-produk tercanggih dengan yang tidak menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan. , pabrikan asal Jepang, , diketahui sedang melakukan uji coba sepeda motor dengan mengaplikasikan fuel cell.

Suzuki Burgman Tenaga Fuel Cell – newsindo.info

Seperti diberitakan laman Response.jp, Suzuki mengambil basis bongsor Burgman 200 untuk melakukan uji coba ini. Namun, sistem pembakaran pada yang juga pernah meluncur di tersebut diganti dengan bahan bakar sel berpendingin udara yang ringkas dan tentunya lebih ramah lingkungan.

Skuter bongsor ini menggunakan 700 bar tangki hidrogen untuk menghasilkan tenaganya. Nantinya, energi panas yang diserap bar tersebut diolah menjadi tenaga listrik untuk menggerakkan motor penggerak. Nah, motor penggerak ini yang nantinya dipakai untuk menggerakkan roda belakang untuk melaju.

Dengan modal bahan bakar fuel cell ini, Suzuki Burgman mampu menyemburkan tenaga maksimal mencapai 4,5 kW serta menggapai torsi puncak di angka 23 Nm. Di samping itu, skuter ini juga dikatakan sanggup mencapai tertinggi 75 km per jam.

Untuk kebutuhan pemakaian di malam hari, pabrikan asal Negeri Sakura juga tidak lupa menanamkan baterai lithium ion dengan sistem hybrid. Dengan baterai lithium ion tersebut, motor otomatis ini mampu meraih jarak 120 km dengan kecepatan maksimal 60 km per jam.

Sebenarnya, wacana Suzuki untuk melakukan uji coba produk ini telah mengemuka sejak akhir Desember 2015 lalu. Ketika itu, pabrikan sempat menyatakan bakal melakukan uji coba motor bertenaga hidrogen pada tahun 2016. Meski harus mundur dari jadwal yang direncanakan, tetapi menarik ditunggu inovasi yang dilakukan Suzuki ini, mengingat sebelumnya teknologi ini belum pernah diterapkan pada produk sepeda motor.

   
Penulis: