Tantang BMW G310GS, Benelli 302 Tourer Siap Meluncur

 400 views

Sepeda-motor.info – asal Italia, Benelli, dikabarkan akan segera meluncurkan sepeda motor touring mereka yang diberi tajuk Benelli 302 . Dikembangkan dari naked roadster Benelli BN302, kuda besi ini diharapkan dapat menjadi lawan sepadan bagi BMW G310GS dan juga Himalayan. Prediksi yang berkembang, motor tersebut hanya akan dirilis di pasar Asia, khususnya di China.

Benelli 302 Tourer – www.visordown.com

Seperti dikutip dari situs Motoroids, setelah roadster telanjang dan bike, Benelli telah menambahkan versi Tourer ke motor 302 mereka. Tampilan depan kendaraan ini menyerupai Benelli 302R meski memiliki kaca depan yang lebih tinggi, fairing depan, dan setang yang juga tinggi. Sepeda motor ini dilengkapi jok untuk berdua, depan dan belakang, bersama dengan box pembawa perlengkapan di sisi kiri, kanan, dan belakang.

Merujuk pada Benelli BN302, maka dapur pacu kendaraan roda dua ini masih dibekali dengan berkapasitas 300cc, dua silinder segaris, 4-stroke, pendingin cairan, 8 katup, DOC, dengan diameter x langkah 65 mm x 45,2 mm. Meskipun tenaga yang dikeluarkan menurun dari 37 HP menjadi 34 HP, tetapi motor tersebut mampu meraih puncak di angka 27,1 Nm, dari sebelumnya 26,5 Nm.

Meskipun tidak ada jaminan bahwa mesin tersebut akan diikuti oleh versi spec Eropa, fakta bahwa kendaraan ini punya ABS dan didasarkan pada BN302 Euro-4, berarti tidak ada hambatan teknis yang signifikan untuk membawanya ke Benua Biru. Selain itu, kendaraan ini juga sudah dilengkapi dengan proyektor dan velg alloy.

Walau cukup potensial untuk digunakan berkendaraan jarak jauh alias touring, tetapi Benelli 302 Tourer agak diragukan lantaran bobot kendaraan yang dinilai terlalu berat. Situs Visordown menyebut berat kosong sepeda motor ini mencapai 216 kg, masih di atas BMW G310GS yang hanya memiliki berat 169 kg atau Royal Enfield Himalayan dengan berat 191 kg.

   
Penulis: