Tarif Angkutan Umum Mahal, Yamaha Luncurkan Model YS125

Sepeda-.info - Akhir pekan kemarin, Yamaha resmi meluncurkan terbaru mereka, YS125, untuk menggantikan posisi YBR125 yang memang telah dihentikan produksinya. Kuda besi yang termasuk dalam kategori naked bike ini diluncurkan sebagai pilihan yang lebih untuk mengantisipasi mahalnya tarif umum di negara-negara .

Yamaha-YS125 – naikmotor.com

Sebenarnya, Yamaha sudah membangun motor sejak enam dekade yang lalu, dan model YS125 mewujudkan keinginan tersebut. Namun, berbeda dengan commuter carbureted yang dijual di India, Yamaha YS125 ini telah mendapat suntikan teknologi injeksi bahan bakar. Dan, seperti pendahulunya, YS125 juga disebut ekonomis, berdesain atraktif, ringan, berukuran kompak, nyaman, serta mampu melakukan manuver di kemacetan kota.

YS125 dianggap sporty, dengan cowl pada lampu utama dan panel meter. Sementara, bagian belakang berdesain seperti panah yang dilengkapi lampu belakang dengan lensa jernih. Pada panel sisi, terdapat ventilasi, knalpot inclined upward, dan fender depan berdesain baru. Sementara, jok memiliki ketinggian 795 mm dari tanah dan cukup panjang, lebih panjang 125 mm dari kepunyaan YBR125.

Di bagian jantung pacu, pabrikan membekali motor ini dengan tipe 4-stroke, SOHC, single cylinder, standar Euro4, berkapasitas 125cc. Dengan modal tersebut, YS125 mampu meletupkan tenaga maksimal 10,6 PS pada putaran 7.500 rpm dan torsi puncak di angka 10,8 Nm pada putaran 6.000 rpm. Pengembangan mekanis penting lainnya berupa “Unified Braking System”, untuk memberikan kontrol lebih khusus bagi biker pemula, mengingat motor tersebut tidak dibekali dengan sistem ABS.

Fitur-fitur lainnya meliputi pelek CW 18 inci, indikator dengan info lengkap, dashboard baru, plus electric starter. Istimewanya, kick starter tetap terpasang sehingga memberikan kemudahan saat aki mulai “soak”. Selain itu, motor ini juga dinilai lebih irit dibandingkan pendahulunya, karena mampu menempuh jarak hingga 300 km dalam kondisi tangki bahan bakar full, yaitu 14 liter.

Kabarnya, Yamaha YS125 bakal mulai dipasarkan di Eropa pada Maret 2017 mendatang dengan 3.311 euro atau Rp39,5 jutaan, dan tampil dalam tiga pilihan warna, yaitu merah, putih, dan hitam. Melihat komposisinya, motor ini agaknya juga menarik jika didatangkan ke pasar Indonesia. Kita tunggu saja!

   
Penulis: