Tidak Laku di Pasaran, Ini Kelemahan Honda CS1

 23160 views

Persaingan pasar yang ketat membuat pabrikan dituntut untuk melahirkan inovasi guna memikat , tak terkecuali dengan Honda. Pabrikan asal Jepang itu pun rajin merilis model motor terbaik dan terkadang dengan desain unik, salah satunya model Honda City One atau biasa disebut Honda CS1.

honda cs1 – fjb.m.kaskus.co.id

 

Secara tampilan, motor yang mengusung tagline “comfort, speed, action” ini memang unik dengan memadukan desain motor sport dengan motor . Honda CS1 hadir dengan desain sporty ala motor sport Honda lainnya namun tetap mengusung bodi yang lebih ramping dan kompak.

Selain desain yang unik, motor ini juga telah dibekali dengan adjustable light pada sektor lampu depan. Lampu depan Honda CS1 dibuat secara modern dan dipasangi multi-reflektor juga bulb untuk menghasilkan cahaya semaksimal mungkin.

Sementara untuk sektor jantung pacu, pabrikan dengan logo sayap mengepak telah membekali CS1 dengan tipe 4-stroke, SOHC, berkapasitas 124,7cc, berpendingin radiator. Dengan modal tersebut, motor ini diklaim mampu meletupkan tenaga 12,8 PS pada putaran 10.000 rpm dan puncak menembus 1,04 kg-m pada putaran 7.500 rpm.

Ketika dirilis pertama kali di Indonesia, Honda menghadirkan CS1 dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam, merah, dan ungu. Saat itu, satu unit motor ini ditawarkan dengan Rp17 jutaan. Sayangnya, pada tahun 2013, pihak Astra Honda Motor (AHM) memutuskan untuk menghentikan produksi dan penjualan Honda CS1. Pasalnya, motor ini memang kurang laku di pasaran.

Ada beberapa alasan kenapa Honda CS1 kurang laku dan kemudian produksinya dihentikan. Berikut beberapa kelemahan Honda CS1.

  • Harga yang dinilai terlalu mahal pada zamannya untuk motor dengan kapasitas mesin 125cc. Itu sebabnya, motor ini hanya laku sekitar 4.207 unit saja sepanjang tahun 2012. Di tiga bulan pertama tahun 2013, Honda CS1 malah hanya terjual 6 unit.
  • Torsi motor ini kurang terasa, terutama ketika gear satu hingga tiga.
  • Perpindahan gear motor ini juga dinilai kurang nyaman.
  • Shock belakang Honda CS1 sangat keras, terutama ketika melaju di atas jalanan berbatu dan berlubang.
  • Meski menggunakan dua bohlam, penerangan lampu depan Honda CS1 kurang maksimal, terutama pada malam hari. Ini disebabkan posisi lampu yang terletak sedikit di bawah, tidak berada pada stang motor.
  • Perpaduan desain antara motor sport dengan motor bebek dinilai sangat aneh.
   
Penulis: