Tingkatkan Fitur Safety, HONDA Patenkan Teknologi ‘Blind Spot’ untuk Motor

 915 views

Sepeda-.info – Layaknya pada mobil-mobil canggih, pengembangan safety juga terus dikembangkan untuk . Salah satunya adalah blind spot yang kabarnya segera dipatenkan oleh .

Dilansir Rushlane (1/4), Pabrikan asal Jepang tersebut telah mengajukan paten untuk Blind Spot Detection System yang akan disematkan pada sepeda motor. Dalam skema paten tersebut, digunakan Honda VFR1200. Namun, tak menutup kemungkinan teknologi ini akan dipasangkan pada motor-motor tipe lainnya.

Skema Blind Spot Detection System Honda (Sumber: Rushlane.com).

Sistem ini terdiri dari penanaman beberapa sensor pada bodi sepeda motor untuk mendapatkan view menyeluruh (360 derajat) di sekitar motor. Mengkombinasikan sistem kamera dan radar gelombang milimeter, sistem akan mengirimkan sinyal secara visual maupun melalui getaran. Sistem ini dinilai sangat berguna untuk medan jalan yang padat seperti di perkotaan.

Cara kerjanya, jika ada benda atau kendaraan lain terdeteksi berada pada sudut yang tak terlihat oleh pengendara (blind spot), maka pengendara akan menerima sinyal visual dan getaran (haptic). Informasi visual akan muncul dari indikator peringatan pada konsol instrumen. Sedangkan haptic, akan disalurkan melalui setang motor, foot step, dan jok (tempat duduk).

Sistem kontrol elektrik yang kini banyak tertanam pada motor-motor baru membuat penerapan Blind Detection System menjadi hal yang sangat mungkin. Meski begitu, belum diketahui secara pasti apakah fitur Blind Sport Detection System ini akan dijual sebagai perangkat terpisah atau langsung dipasangkan pada Honda.

 

 

 

   
Penulis: