Tips Modifikasi Drag ‘Yamaha Mio’ agar tetap Aman dan Nyaman

 13227 views

drag roda 2 adalah yang dilakukan pada motor untuk memaksimalkan laju motor dengan mengurangi bobotnya. Di , motor drag identik dengan istilah ‘menggunduli’ bodi motor dan mengganti bannya dengan ‘ceper’. Maklumlah, cara ini dianggap solusi yang paling praktis dan murah ketimbang harus mengganti komponen-komponen motor.

Kalau Anda pernah menonton acara motor liar anak muda di sekitar tempat tinggal Anda, pastinya kebanyakan tampil dengan bodi yang bolong melompong dan bannya sudah diganti dengan ‘ban cacing’. Salah satu motor yang menjadi favorit adalah motor-motor matik semacam Mio atau Honda Beat karena lebih nyaman untuk dikendarai.

Nah, kali ini kita akan membahas modifikasi drag untuk motor matik Yamaha Mio. Motor matik andalan Yamaha ini kabarnya bisa dimodifikasi drag dengan mesin hingga 150cc. Kedengarannya memang tak masuk akal, tapi inilah kenyataannya. Dengan bobotnya yang ringan dan dipacu dalam kecepatan tinggi, si pengendara pastinya akan ‘melayang’ di atas aspal.  Keren? Memang. Tapi apa masih dalam kategori aman untuk dikendarai? Jawabannya ada pada si pemodif sendiri.

Sebelum memodifikasi motor mio drag, hal yang harus diperhitungkan dengan cermat adalah pada posisi joki (pengendara) dan ubahan mesinnya. Alasannya, posisi joki cukup dipertaruhkan ketika mengendarai motor ini dalam kecepatan tinggi karena motor lebih rentan terbalik. Untuk bagian lainnya seperti stang, velg, dan ban masih bisa disesuaikan dengan kenyamanan.

Nah, bagi Anda yang ingin melakukan modifikasi drag pada motor Yamaha Mio Anda, berikut ini adalah tips-tips yang mungkin bisa sangat membantu.

Pilih Mesin

Kualitas mesin adalah hal pertama yang harus diperhatikan. Anda bisa melihat di bagian Boring mesin yang akan dimodifikasi, apakah tertulis (YP1/Yp2) karena mesin tersebut memiliki kualitas bagus dan tidak mudah jebol.

Pengapian

Sistem pengapian sangat berpengaruh pada mesin. Bila pengapiannya masih orisinil, Anda dapat mengganti bagian pengapian motar anda mulai dari Cdi, Spul, dan koil.

Piston & Klep

Ukuran Piston dan Klep Adalah hal utama yang sangat berpengaruh pada keseimbangan motor.

Camsfat (Noken As)

Cara bubut noken as juga tidak bisa sembarangan karena harus disesuaikan dengan ukuran piston dan klep yang telah dibuat. Para modifer pemula pasti pernah membuat noken as dengan ukuran yang sangat ekstrim, padahal tindakan ini adalah kesalahan besar.

Stroke up

Stroke up berguna untuk menambah CC motor anda guna mengoptimalkan laju motor. Makin tebal Stroke Up yang Anda buat, semakin Bertambah juga CC motor anda.

   
Penulis: